Sunday, September 24, 2017

Pesona Wisata Pantai Sundak di Gunung Kidul, Yogyakarta

Pesona Wisata Pantai Sundak di Gunung Kidul, Yogyakarta - Berwisata ke pantai akan jadi pilihan yang tepat jika ingin melepas penat, apalagi saat musim kemarau seperti ini. Kalau sebelum-belumnya wisata gardu pandang dengan pemandangan alam nan hijau, bisa dipastikan saat musim kemarau seperti sekarang pemandangannya tak akan seindah saat musim hujan. Pasti pohon-pohon mulai meranggas jadi aku putuskan libuannya ke pantai saja. Membicarakan soal pantai rasanya Gunung Kidul Yogyakarta atak akan kehabisan wisata pantai, setelah aku bikin list ada 100 lebih pantai di Gunung Kidul. Dan liburan kali ini tujuan wisata aku adaalah Pantai Sundak .


Pantai Sundak memiliki pasir putih dan batu karang berlumut yang indah. Kita dapat menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan Pantai Sundak ini di Gubug kecil yang sudah disediakan oleh warga sekitar di pesisir pantai. Gubug tersebut memang disewakan untuk pengunjung, namun tidak ada biaya yang dipatok karena pengunjung dapat membayar seikhlasnya. Berhubung saat aku kesana adalah haru selasa dimana kebanyakan orang bekerja jadi pantainya sepi banget berasa pantai hanya miliku he he. 

Pantai yang relatif sepi ini mungkin akan menyampaikan sesuatu yang menarik bagi yang menginginkan sebuah ketenangan. Pantai Sundak tak seterkenal pantai baron, tapi buat orang yang ingin mencari ketenangan tentu pantai Sundak yaitu pilihan yang tepat. Lembaran pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai, menunggu desiran Ombak menerpa, seakan menyampaikan kenyamanan dan ketenangan bagi orang yang mendambakannya. Saat aku kesini kebetulan saat air laut surut jadi bisa bermain-main dibibir pantai sambil mencari landak laut dan hewan laut lainnya. Dan tetap kalian harus menggunakan alas kaki ya karena ada beberapa hewan laut yang beracun.Jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, Pantai Sundak memang tidak begitu luas. Namun pesona matahari terbitnya dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. 


Tak hanya itu saja, di salah satu sisi pantai ini juga terdapat sebuah goa yang memiliki mata air tawar di dalamnya. Konon katanya, goa tersebut dulunya dihuni oleh seeokor anjing dan landak. Karena kelaparan, kedua binatang tersebut akhirnya berkelahi. Tak lama kemudian sang pemilik anjing langsung mencarinya ke dalam goa. Bersamaan dengan hal itu, anjing keluar dari goa sambil menggigit bagian tubuh lancak yang terluka parah. Merasa penasaran dengan hal tersebut pemilik anjing kemudian masuk ke dalam gua, dan tidak di sangka di dalam gua terdapat mata air tawar yang jernih. Dan hingga saat ini mata air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari perkelahian antara anjing dan landak itulah yang kemudian pantai ini disebut sebagai Pantai Sundak yaitu kepanjangan dari ASU (anjing) dan landak.


Bagi yang tertarik ke pantai ini Anda harus menempuh jarak sekitar 70 km atau sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Kalian bisa melalui Wonosari dan menuju ke Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.


Harga tiket untuk masuk ke Pantai Sundak Rp 19.000 sudah termasuk tiket masuk untuk beberapa pantai lainnya ( Pantai krakal.drini,kukup dll ). Saat terjangkau banget kan tiket masuknya dan kalian dijamin tak akan kecewa karena Pesona Wisata Pantai Sundak di Gunung Kidul, Yogyakarta tak akan ada habisnya bagus banget pokoknya.


Fasilitas
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi umum
  • Rumah makan pinggir pantai

Hal yang menarik
  • Banyak pondokan
  • Pantai sundak tidak bisa digunakan untuk berenang
  • Pasir berwarna putih dan bersih
  • Jalan mulus
  • Sepi jadi puas untuk berfoto dengan latar pemandangan pantai

Saran ketika berada di pantai ini
  • Berhati-hati ketika bermain air
  • Lebih baik tidak sendirian ketika bermain air agar ada yang mengingatkan
  • Bawa payung dan air mineral
  • Gunakan sunblock
  • Sebaiknya sebelum berangkat bahan bakar kendaraan diisi sampai penuh. Di sepanjang pantai jarang ada pom bensin.
  • Cek tekanan angin pada kendaraan kalian