Thursday, September 29, 2016

Review Mascara My Darling

Review Mascara My Darling - Kali ini aku akan mereview salah satu produk lokal yang sangat berperan banget saat aku baru mulai belajar dandan. Pernah denger Mascara My Darling ? yups..kali ini aku akan mereview produk tersebut.

Maskara My Darling Produsennya PT Cosmolab Prima - Purwokerto Jawa Tengah. Mungkin banyak yang belum pernah dengar. Banyak juga yang mengira produk My Darling ini abal-abal karena harganya murah, nggak terkenal, dan kemasannya nggak meyakinkan. Tenang aja, ini bukan barang abal. Punya nomor registrasi BPOM kok, yaitu CA18101205959.

Review Mascara My Darling 

Harga
Rp 12.500 isi 9 ml

Kemasan

Bentuk tutupnya seperti hati, lucu sekali. Kotak kemasannya merah dan sangat sederhana, bisa dimaklumi karena harganya murah banget. Tube maskaranya sendiri berwarna hitam dengan banyak tulisan (ingredients, alamat produsen, no POM dll), tulisannya penting tapi bikin tubenya kelihatan ramai dan norak.

Aplikator

Terlalu gendut, agak susah untuk menjangkau bulu mata di sudut-sudut mata, apalagi bulu mata bawah. Saya masih lebih suka maskara Pixy yang lebih langsing.

Warna dan tekstur

Kabarnya maskara My Darling tersedia dalam 4 pilihan warna (black, brown, blue, transparent), tapi saya cuma nemu yang black. Penasaran dengan yang lainnya, hehe..

Teksturnya tahan gumpal, beneran! Mungkin maskara ini sudah saya miliki selama 2 atau 3 bulan, tapi masih cair dan lancar jaya seperti awal beli. Maskara Pixy aja agak nggumpal setelah 1 bulan. Maskara yang mudah menggumpal disebabkan karena terlalu banyak dibuka atau aplikator sering dicelupkan sehingga banyak udara masuk. Saya nggak terlalu sering membuka dan mencelup aplikator Pixy, tapi ya tetap menggumpal tuh.

Meskipun di dalam tubenya tahan gumpal, maskara My Darling sangat cepat kering setelah diaplikasikan ke bulu mata. Saya kan orangny gak sabaran, penting dong memakai maskara yang cepat kering supaya nggak nempel di lensa kacamata. Dalam beberapa detik udah kering (apalagi kalo saya dandannya di depan kipas angin). Dibandingkan dengan Pixy, maskara My Darling sangat cepat keringnya.

Efek memanjangkan, melentikkan, menebalkan

Kalo kamu udah biasa menggunakan maskara yang efeknya wow seperti Maybelline, saya yakin kamu nggak akan menyukai efek dari maskara ini. Perbedaan antara pakai dan tidak pakai maskara nggak terlalu kelihatan, tapi saya suka. Daripada saya beli maskara transparan Sophie Martin yang 40 ribuan, mending ini aja -- hasilnya sama kok. Saya cinta banget maskara transparan Sophie Martin tapi belinya susah, harus di membernya.

Maskara ini cukup membuat bulu mata saya rapi dengan cara natural. Menurut saya, My Darling cocok untuk anak sekolah yang penasaran ingin mencoba maskara tapi nggak ingin kelihatan terlalu dandan (misalnya karena takut ditegur guru atau dibilang kecentilan, hihihi..)

Staying power

Karena efeknya nggak terlalu kelihatan, ya bulu mata tetap begini aja mau sejam atau seharian. Yang jelas maskara ini memang nggak luntur jika cuma tersiram air. Tapii... langsung luntur jika digosok/diusap-usap dengan tangan yang basah. Bisa jadi masalah untuk kamu yang hobi nangis dan menyeka air mata.

Justru karena inilah saya suka, membersihkannya tidak perlu effort besar. Digosok pakai air pun hilang, apalagi dengan facial wash. Nggak perlu makeup remover khusus.

Ingredients

Water, alcohol denat, magnesium aluminium silicate, PVP, kaolin, dimethicone, hydroxyethylcellulose, methylparaben,may contain Cl 77499, Cl 77007


Ngobrol soal ingredients :

Mengandung PVP (polyvinylpyrrolidone) sebagai film forming/binder sehingga materinya tidak terpisah satu sama lain. PVP dulu sering digosipkan sebagai bahan karsinogenik, membahayakan paru-paru jika terhirup. Tapi nyatanya International Agency for Research on Cancer tidak menemukan bukti bahwa PVP bisa menyebabkan kanker. Bahkan PVP digunakan sebagai binder dalam tablet obat.Maskara My Darling cepat kering mungkin karena kandungan alcohol denatnya tinggi. Alkohol bersifat mudah menguap.Mengandung banyak mineral (magnesium aluminium silicate, kaolin, dimethicone). Mineral-mineral ini tidak luntur jika hanya terpapar air, tetapi bisa dihilangkan dengan cara digosok. 

Maskara My Darling tidak punya efek menebalkan, tidak 100% waterproof dan tidak smudgeproof karena tidak ada bahan-bahan hidrofobik (anti air). Bahan-bahan yang sering digunakan dalam maskara waterproof dan maskara yang punya efek menebalkan adalah bahan turunan minyak bumi, minyak tumbuhan atau lilin alami (antara lain mineral oil, petrolatum, isododecane, lanolin, paraffin, castor oil, candelila wax, carnauba wax dll. Mengandung paraben sebagai pengawet.Paraben nggak seburuk yang orang katakan.

Kesimpulan

Positif 
  • Nggak perlu nunggu lama untuk kering
  • Gampang dibersihkan
  • Tahan gumpal
  • Murah tapi aman dong pastinya
Baca Juga : Review Serum X Beino

Negatif 
  • Aplikatornya terlalu gendut, susah menjangkau bagian sudut mata dan bulu mata bawah
  • Hasilnya tidak terlalu kelihatan. Mungkin nilai plus untuk yang suka maskara dengan efek alami
Semoga review ini berguna ya dear. Selamat mencoba