Thursday, October 6, 2016

Keuntungan Olahraga Di Malam Hari

Tags



Keuntungan Olahraga Di Malam Hari- Melakukan olahraga dimalam hari memang terlihat aneh itu karena kita tidak terbiasa. Namun tau kah anda ternyata melakukan olahraga dimalam hari memiliki banyak manfaa. Manfaat olahraga malam hari tidak hanya untuk kesehatan, ada banyak manfaat untuk interaksi sosial dan berbagai keperluan lainnnya. 


Olahraga malam memiliki beberapa manfaat yang bisa memberikan kebaikan dalam tubuh kita, berikut beberapa diantaranya.

Efisiensi Waktu

Bagi para pekerja olahraga malam sangat cocok untuk menjaga kebugaran tubuh dikarenakan selain waktu olahraga setelah jam kantor, olahraga malam juga tidak dikejar waktu seperti olahraga pagi dimana kita harus kejar waktu untuk olahraga, terutama bagi anda yang bekerja kantoran.

Relaksasi Otak

Setelah beraktivitas di kantor seharian, dengan berolahraga malam kita dapat merefresh otak kita karena manfaat olahraga selain menjaga kesehatan juga dapat menghilangkan stress sehingga mungurangi tekanan yang ada dalam pikiran kita.

Interaksi Sosial

Olahraga malam juga membantu kita berinteraksi dengan orang orang yang melakukan olahraga di malam hari juga, seperti berolahraga di seputaran komplek rumah ataupun dipusat kebugaran yang membuat kita berinteraksi dengan orang di sekitar kita.

Membentuk Otot

Bagi yang ingin membentuk otot otot tubuh, olahraga malam sangat baik dilakukan karena membentuk atau membangun otot lebih baik dilakukan dimalam hari ketika tubuh mengeluarkan hormone yang membentuk tubuh keluar lebih banyak dari ppada di pagi ataupun siang hari.

Membakar kalori

Untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi untuk pembakaran kalori karena kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam sehari akan dibakar tubuh ketika kita berolah raga di malam hari.

Mengurangi Resiko Cedera

Untuk yang sibuk tetapi menyempatkan diri berolahraga di pagi hari dengan tergesa gesa dapat menyebabkan resiko cedera terutama dipersendian tubuh karena otot belum siap untuk melakukan aktivitas yang berat, namun jika berolahraga di malam hari otot otot tubuh sudah siap karena sudah terbiasa oleh aktivitas sebelumnya.

Banyaknya Fasilitas

Seperti yang kita ketahui, sangat jarang ada pusat kebugaran yang buka pada saat pagi pagi buta. Kebanyakan pusat kebugaran seperty fitness center atau yang lainnya buka setelah jam kantor atau jam kerja.

Tidur Lebih Lelap

Bagi mereka yang pekerja keras di siang hari, berolahraga di malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika kegiatan olahraga malam hari ini sudah dilakukan secara rutin, maka kualitas tidur anda akan meningkat dan membuat anda merasa jauh lebih fit di pagi hari. Hal ini sudah dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika yang melakukan sebuah studi mengenai kualitas tidur 83 orang yang melakukan olahraga di malam hari. Tentunya setelah berolahraga tubuh kita siap untuk beristirahat untuk melanjutkan aktivitas kita d esok hari. Namun perlu disarankan untuk berdiam diri selama 1 jam setelah olahraga karena suhu tubuh setelah olahraga akan meningkat.

Dengan berbagai manfaat dari berolahraga malam para pekerja tidak perlu bingung lagi untuk menentukan waktu untuk berolahraga karena olahraga juga dapat dilakukan setelah jam kerja. Tidak perlu diragukan lagi bahwa manfaat olahraga pada pagi, siang atau malam hari tidak kalah efektifnya.

Untuk yang gemar berolahraga malam sebaiknya memperhatikan waktu berolahraga agar tidak berlebihan karena tubuh juga sudah cukup lelah dengan aktivitas seharian, jadi perlu diperhatikan kapasitas olahraga kita dan jangan terlalu dipaksakan.