Saturday, June 10, 2017

Review Bakso Klenger Ratu Sari, Yogyakarta

Review Bakso Klenger Ratu Sari, Yogyakarta - Berwisata ke kota Yogyarta tak akan lenkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya. Namun kali ini aku tidak akan mereview gudeg atau bakpianya. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bakso, yaps bakso merupakan makanan sejuta umat kayaknya he he. Dimanapun tempatnya pasti yang namanya bakso pasti ada namun kali ini aku akan mereview bakso yang beda dari biasanya. Apakah yang bikin beda? yups..yang bikin beda adalah ukurannya karena ukurannya yang besar maka bakso ini dinamakan Bakso Klenger Ratu Sari ( habis makan langsung klenger karna kekenyangan ) ha ha.


Warung bakso ini terletak di Jl. Nologaten No. 296 Jogja. Tempatnya ramai dan rata - rata yang berkunjung kesini adalah para kawula muda. Tempatnya bersih dan enak buat nongkrong. Ada yang Ane suka dari warung ini sob yakni desain interior ruangannya. Ornamen - ornamennya sungguh menarik. Semuanya serba warna - warni mulai dari meja dan kursi makan, lampu hiasnya yang terbuat dari ember dan kandang burung, hingga daftar menunya. Mungkin ini warung bakso konsepnya cafe jadi biar asik aja gitu buat nongkrong bareng temen ,sahabat atau keluarga dan rekan bisnis.



Ada beragam menu yang dapat kita pilih mulai dari bakso campur, bakso urat, bakso rusuk, BCA, bakso londo, bakso petir, bakso klenger dan bakso kaget (kaki greget). Karena yang spesial dari warung ini adalah bakso klengernya maka kita pun memesan bakso klenger tersebut. Kita semakin bingung dibuatnya, karena tak hanya semacam bakso klenger saja yang tersedia, ada:
Bakso klenger biasa, bakso ukuran besar dengan isian telur ayam dan tetelan daging, mie kuning + mie putih, dan pangsit.

Bakso klenger komplit, dengan tambahan bakso halus, bakso urat, dan tulang iga sapi.
Bakso klenger xtra, bakso klenger dengan ukuran 2X lipat yang dapat dinikmati maksimal 2 orang.
Bakso klenger dahsyat/XL size, bakso klenger dengan ukuran yang super besar dengan berat total 1 Kg yang dapat dinikmati maksimal oleh 4 - 5 orang.
lainnya ada Bakso Klenger XXL/2 Kg
Bakso Klenger 3XL/3 Kg
Bakso Klenger 4XL/4 Kg
Bakso Klenger 5XL/5 Kg

Semakin besar baksonya harga yang harus dibayar pun semakin besar pula. Untuk point 1 Kg ke atas tentulah tak masuk hitungan kita. Akunya yang gak berani kalau rekapku sich okey okey saja dia katanya 1 kg sendiripun habis . 

Akhirnya aku memutuskan untuk pesen bakso petir sajalah maklumlah masih junior ha ha, sedangkan rekapku memsan bakso klenger komplit. Untuk minum ya tetaplah minuman sejuta umat es teh ha ha.Tak butuh waktu lama datanglah pesanan kita. Baksonya memang besar sekali , berbeda dengan bakso pada umumnya. Penyajiannya pun cukup unik tidak menggunakan mangkok kecil pada umumnya, namun menggunakan mangkok yang cukup besar dilengkapi dengan sendok, garpu dan pisau. Seporsi mangkok bakso terdiri dari sebiji bakso klenger, mie kuning dan mie putih, pangsit serta selada plus tetelan daging (klenger komplit). Semuanya tenggelam dalam kuah yang berwarna bening kecuali baksonya. Setelah dibelah menjadi dua, dalam isian bakso tersebut ada telur ayam dan teteln daging, persis seperti yang tertulis di bagian daftar menunya.

Tanpa menunggu datangnya air minum, yang kebetulan lama banget akhirnya kita segera melahapnya. Mulai dari kuahnya, menurutku sich rasanya biasa saja seperti bakso pada umumnya. Kalau untuk pentol baksonya sendiri aku bilang cukup memuaskanlah sebanding dengan harganya he he. Tapi agak sedikit kecewa daging cincang yang ada didalem pentol baksonya kurang empuk masih agak alot gitu. Mungkin kedai ini ramai karena ukuran pentol baksonya itulah yang tak biasa. Di tengah - tengah kita memakannya, datanglah pesanan minuman kita yang daritadi kita tunggu - tunggu. 

Di warung bakso ini, pembeli dapat memilih beberapa ukuran sesuai yang diinginkan. Pertama ada bakso biasa yang seperti aku pesan. Bakso ukuranya standar ini dibandrol harga Rp 12.000.Menu Kedua bakso klenger yang memiliki ukuran 250 gram. Bakso klenger 250 gram ini dibandrol harga Rp 25.000. Jika datang secara beramai-ramai, pembeli diberikan pilihan menu bakso ekstra klenger yang memiliki ukuran 500 gram. Bakso ini dibandrol Rp 45.000 dan bisa dimakan untuk 5-6 orang.Lalu pembeli juga bisa memilih yang lebih besar lagi yakni, menu Klenger Dasyat. Bakso Klenger Dasyat ini ukurannya 1000 gram (1 kilogram) dan dibandrol dengan harga Rp 75.000.

Si ownernya juga memberikan menu ekstra yakni bakso ukuran 2 kilogram sampai dengan ukuran 5 kilogram. Bakso ukuran 2 kilogram dibandrol dengan harga Rp 150.000, bakso 3 kilogram harga Rp 300.000, bakso 4 kilogram harga Rp 450.000, sedangkan ukuran 5 kilogram harganya Rp 600.000. Kalian mau yang mana kira-kira gaes ?he he

Penamaan bakso ini mungkin berawal dari melihat beberapa pelangganya "klenger" memakan bakso yang ukuranya super besar. "Klenger loh bukan blenger. Klenger itu sudah tidak mampu tapi masih ingin makan, kalau blenger itu sudah sampai tidak ingin lagi. Soalnya aku saja makan bakso yang biasa sudah klenger apalagi jika makan bakso klenger komplit sendirian , bisa-bisa klenger beneran gak bisa pulang. Semoga kalian gak klenger ya pas nyobain bakso ini. Kebetulan pas aku kesana bisa ketemu sama ownernya langsung jadi bisa tanya-tanya dan foto bareng.

Bakso klenger ratu sari ini tempatnya selain asik buat nongkrong ,fasilitasnya bisa dibilang sudah lengkap. Ada mushola dan juga toiletnya. Tempat parkir sebenernya sudah cukup luas namun karena pengunjung yang membludak tiap hari jadi parkiran berasanya sempit aja.ha ha