Sunday, July 23, 2017

Kue Kekinian Ala Artis-artis

Kue Kekinian Ala Artis-artis -  Kalau kalian aktif di instagram kalian pasti tau sekarang para artis lagi pada promo kue oleh-oleh kekinian. Setau aku dulu awal muncul punya teuku wisnu yang ada dimalang setelah sukses dengan srundel Malangnya akhirnya para artis lainpun berbondong-bondong mnegikuti jejak kesuksesan bisnis kue kekinian. 


Siapa yang sudah mudik dan dapat pesanan buat bawa oleh-oleh kekinian? Hahaha. Buat warga instagram pasti familiar dengan jargon oleh-oleh kekinian. Entah memang dimiliki atau sekedar dijual atau karena diiklankan oleh para artis, kue-kue ini nampak laris bahkan ada jasa titip belinya. Dari sekian banyak kue yang beredar, ada beberapa yang sudah saya cicipi. Ini dia cerita lengkapnya.

Bandung Makuta

Kue kekinian yang satu ini punya jargon “ini teh ngangenin“. Seberapa bikin rindu sih? Menurutaku pribadi, so so rasanya. Bentuknya kotak, semacam mangkok pastry terus diisi cake di atasnya. Saya mencoba rasa lemon dan keju. Pastry-nya renyah dan ngga terlalu manis. Untuk cake nya sendiri, menurutku sih kurang empuk. Rasanya? Dari skala 1 sampai 10, buat saya 7. Ini masalah selera sih ya, mungkin nilai bisa naik kalau yang saya coba double cheese secara belakangan ini aku lagi keranjingan makanan berbau keju .

Di awal kemunculannya, Bandung Makuta ini sukses membuat heboh. Terbukti dengan ramainya jasa titip beli kue sampai antrian yang panjang.Aku pun bisa nyicip Makuta berkat teman yang juga menggunakan jasa titip. Belakangan di Bandung muncul Bandung Kanaya punya keluarga Mama Amy plus Princess Cake-nya Syahrini. Nampaknya persaingan kue kekinian di Bandung mulai hangat dan yang pasti makin banyak pilihan buat pembeli.

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy punya Dude Herlino ini sudah ada jauh sebelum gencarnya “serangan” kue kekinian di instagram. Pertama kali saya membeli cake ini di outlet Jalan Kaliurang. Kebetulan aku membeli di luar musim liburan. Waktu itu stoknya banyak dan tokonya pun relatif sepi. Tapi saat liburan April lalu, adik aku ke outet Scrummy dan pembelian dibatasi dua kotak per pembeli. Itupun dengan stok dan pilihan rasa yang terbatas.

MAMAHKÉ JOGJA

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo adalah pemilik usaha oleh-oleh kekinian ini. Gerai pertama MAMAHKE JOGJA ada di Jl. Tamanan (ex Batik Beteng) dekat dengan Alun Alun Selatan Yogyakarta dan juga dekat dengan obyek wisata Taman Sari serta tentunya masih di dalam wilayah Benteng Kraton Yogyakarta. Bentuk dasar mamahke jogja memiliki kesamaan seperti beberapa oleh oleh yang sebelumnya sudah diluncurkan oleh selebriti lain sebelumnya, yaitu memanjang dan bermain dengan layer/lapisan.

Mamahke jogja terdiri dari 3 layer dengan layer pertama pertama dan ketiga berupa cake dengan beberapa rasa dan rasa lalu bagian tengah nya berisi puff pastry. Dari 6 varian cake dari MAMAHKÉ JOGJA aku nyobain yang varian coklat. Varian coklat memang selalu menjadi varian paling merakyat. Hampir semua orang pasti suka dengan varian ini. Pun dengan cake dari MAMAHKÉ JOGJA. Varian ini coklat banget! Apalagi ditambah topping coklat premium yang melimpah. Ada pahit-pahitnya gitu. Bagi penggemar coklat, siap-siap menggelinjang dibuatnya ya.