Wednesday, October 4, 2017

Makanan Penambah Kadar Hemoglobin

Makanan Penambah Kadar Hemoglobin  - Tahun 2012 bapakku sakit yang aku bilang cukup parah karena dokter sampai menyarankan agar segera transfusi darah waktu itu. Kondisi bapak bener-bener ngedrop bahkan kulitnya sangat terlihat pucat. Tapi pada waktu itu bapak menolak untuk opname di rumah sakit dan transfusi darah. Sebagai anak aku tentu sangat khawatir dengan kondisi beliau, yang lebih konyolnya lagi bapak malah ngotot pulang. Sampai dirumah aku coba cari tanaman herbal apa yang bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin, dan akhinya aku nemu tanaman pagoda (bisa dicek di google seperti apa tanaman tersebut). Efek dari tanaman ini sangat bagus dan aku bilang ngefek banget waktu itu, tapi kali ini aku bukan akan membahas mengenai tanaman pagoda, namun lebih ke makanan yang dapat menambah kadar hemoglobin.


Tubuh kita memerlukan jumlah oksigen yang cukup untuk melakukan fungsi yang tepat, namun kehilangan darah mengurangi kapasitas pembawa oksigen yang dapat merusak sistem kesehatan kita. Rata-rata, jumlah standar hemoglobin pada pria dewasa adalah 14-18 g / dl, sedangkan kisaran untuk wanita adalah 12-16g / dl. Jika laporan tes darah kamu menunjukkan hemoglobin rendah, berkonsultasilah dengan dokter segera. Dia mungkin meresepkan suplemen zat besi untuk melengkapi kekurangannya. Namun, di bawah ini disebutkan beberapa makanan yang juga akan membantu kamu meningkatkan jumlah darah kamu dan tetap memeriksanya.

Sayuran Berdaun Hijau

Jumlah besar folat bahwa sayuran berdaun hijau telah membantu dalam pembentukan alami darah dan meningkatkan kadar hemoglobin. Sayuran, seperti bayam, daun fenugreek dan tomat, sangat berguna bagi penderita anemia. Sertakan mereka dalam makanan biasa kamu untuk melengkapi kekurangan zat besi.

Beetroot

Jika kamu mengira bit dikonsumsi hanya oleh orang-orang yang sadar kebugaran agar tetap aktif, berarti perkiraan kamu kurang tepat. Segelas jus bit mengandung 1,1 mg zat besi dan membantu memperbaiki jumlah sel darah merah di tubuh kamu. Bit mengandung asam folat (yang meningkatkan hemoglobin) dan kaya akan vitamin C, potassium, besi dan serat.

Kacang merah

Kacang polong seperti kacang merah, buncis dan kacang kedelai merupakan sumber zat besi dan asam folat yang hebat sehingga membantu meningkatkan kadar darah kamu. Selanjutnya, folat dan vitamin C menambah manfaat kesehatannya. Hampir 15,7 mg zat besi dikonsumsi jika kamu memiliki kacang ini dalam makanan yang kamu konsumsi.

Kismis

Buah kering, seperti kismis, dicintai semua orang. Tapi tahukah kamu tentang nilai gizinya? Nah, kismis mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Kamu bisa merendamnya semalam di air dan memakannya pagi hari. Kismis ini digunakan terutama untuk hiasan, tapi menambahkan nutrisi selanjutnya ke makanan kamu. Mengkonsumsi kismis menghasilkan 0,8 mg konsumsi zat besi.

Jeruk

Sejumlah vitamin C yang memadai membantu mengisi kekurangan darah yang merupakan alasan utama anemia. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang diperkaya vitamin C seperti jeruk, lemon, pepaya, stroberi, kiwi, jeruk bali, dll. Jeruk adalah salah satu buah yang paling dicintai pada musim dingin, namun saat ini mudah didapat di pasaran sepanjang tahun. Kandungan kaya vitamin C menginduksi pembentukan alami darah dalam tubuh.