Sunday, October 8, 2017

Keseruan Belajar Bareng Gapura Digital,Yogyakarta

Tags

Keseruan Belajar Bareng Gapura Digital,Yogyakarta - Jaman sudah berubah dan jika kita tidak mengikuti perkembangan jaman maka akan tertinggal jauh. Sekarang semuanya serba online, mau pesen makan, mau belanja, mau naik ojek, mau naik taksi semua serba online, serasa dunia ada digenggaman he he. Apalagi untuk pelaku usaha baik usaha kecil, menengah maupun yang sudah besar rasanya sayang banget jika gak memanfaatkan kemajuan tekhnologi. Di Indonesia banyak banget pelaku usaha ukm yang sebenernya mereka sangat kreatif dan inovatif namun untuk penjualan masih merasa binggung mau dipasarkan kemana.


Nah..ada program baru dari google yaitu Gapura Digital. Apa itu Gapura Digital?. Gapura Digital adalah Program yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. Terdapat serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga SEO/SEM. Anda dapat memilih topik yang diinginkan atau ikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google. Kelas ini gratis dan siapapun bisa mengikutinya, asal masih kebangian quota tapi jangan khawatir bagi yang sudah mendaftar tapi masih statusnya waiting list bisa langsung datang saja pasti dapat kursi kok.


Gapura Digital ini diselenggarakan dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Pontianak, Malang, Makassar. Dan aku mau berbagi sedikit cerita kemarin saat mengikuti kelas Gapura Digital di Gedung EDS UGM Yogyakarta. Sebenarnya aku sudah daftar kelas dibulan kemarin tapi belum beruntung karena kursi sudah habis baru kebagian ditanggal 8 Oktober 2017 pukul 09.00 wib di gedung EDS UGM Yogyakarta. Sempet nyasar sich secara wilayah UGM luas banget ya dan aku hanya bermodal Google Maps, tu kan lagi-lagi terselamatkan gara-gara tekhnologi karena itu kita harus melek tekhnologi. Kalau sesuai jadwal acara dimulai jam 9 namun mungkin karena suatu hal acara dimulai jam 9.30, gak masalah sich dan juga gak mengurangi semangat belajar temen-temen lain. Google ini baik banget sudah memfasilitasi belajar gratis, eh maish dikasih snack he he jadi makin semangat lagikan belajarnya.


Ternyata banyak banget temen-temen yang antusias ingin belajar bersama bareng Gapura Digital mulai dari mahasiswa, pelaku ukm, agen pos, dan beberapa komunitas lainnya. Aku salut banget dikelas ini walaupun kebanyakan emak-emak mereka tetap semangat belajar dan jarakpun tak menghalangi niat mereka untuk belajar. Wah..beneran ini The Power Of Emak-emak ya gaes. Mereka semua keren-keren ada yang sudah punya butik baju muslim, butik batik, agen pos, pengelola tempat wisata dll. Aku gak bisa menyebutkan satu-persatu karena memang yang ikut banyak banget dan mereka antusias banget untuk belajar.

Materi kemarin mengenai Tips Website Efektif. Website adalah portal anda di Internet. Pelajari pembuatan dan standar penggunaan website. Tidak hanya bagus dilihat tapi juga membantu usaha anda. Nah..materi ini disampaikan oleh bapak Imam syafi'i beliau merupakan CEO Rumah Branding dan juga CEO KEEP UP. Menurut beliau bisnis yang sukses adalah ketika bisnis kita berjalan dan kitanya jalan-jalan, namun uang tetap masuk rekening secara bertubi-tubi. Beliau menjelaskan manfaat website dan bagaimana membuat website yang efektif dan menarik agar mengundang banyak pengunjung.

Sesi kedua diacara kemari dimulai pukul 13.30 wib dengan materi Pengenalan SEO & SEM. Setiap hari jutaan orang mencari jasa atau produk di Internet. Di kelas ini anda akan belajar teknik Search Engine Opimization dan Search Engine Marketing untuk membantu mesin pencari seperti Google menemukan usaha anda. Materi ini disampikan oleh Bapak Irham pemilik salah satu pondok di Yogyakarta. Bagi aku materi SEO dan SEM ini merupakan materi yang berat namun beliau menyampaikannya dengan santai dan cenderung kocak banget bikin semua ketawa namun materi tersampaikan dengan baik.

Pokoknya ikut kelas ini gak ada ruginya bahkan dapat untung banyak, tambah pengetahuan, tambah teman dan rekan bisnis. Keseruan Belajar Bareng Gapura Digital,Yogyakarta ini akan berlanjut sampai tanggal 15 Oktober 2017. Nantikan cerita aku di minggu berikutnya ya, setelah dapat materi kemarin wajib berbenah website karena banyak hal-hal yang terlewatkan. Terimakasih Google dan terimakasih untuk Gapura Digital Yogyakarta.