Wednesday, December 13, 2017

Rasa Khas Durian Lokal Irung Petruk, Wonosari Yogyakarta

Musim durian sudah tiba banyak banget kita temukan penjual durian dadakan di pinggir-pinggir jalan. Mulai dari yang ukurannya kecil, sedang atau yang ukuran besar dan harganyapun juga sangat bervariasi. Setiap penjual punya kebijakan harganya masing-masing.Tak banyak wisatawan yang mengetahui jika Kabupaten Gunungkidul, memiliki durian lokal yang dikenal. Durian dengan warna daging berwarna kuning keemasan ini saat ini rasanya sedikit manis dan legit. Durian ini jika telah masak memiliki warna kulit kuning, dengan warna daging yang juga kuning keemasan. Aroma durian tidak terlalu menyengat.


Durian, buah ini menyimpan kelezatan dibalik duri-duri tajamnya. Bulan Desember-Februari adalah musim buah iniSetiap bulan November, pohon durian di kecamatan Patuk berbuah lebat. Hampir setiap keluarga di Patuk memiliki pohon durian di halaman rumah mereka. Nah...aku baru punya kesempatan tgl 12 Desember 2017 untuk menikmati durian lokas khas irung petruk ini. Sedikit telat rasanya datang kesana karena sudah jarang banget ditemukan penjual durian, walaupun maish ada beberapa yang jualan bukan khas durian lokal daerah tersebut. Setelah jalan dari ujung ke ujung akhirnya ketemu juga penjual durian yang sesuai keinginan.

Setelah memilih dan memilah akhirnya dapat juga durian yang aku inginkan rasa durian yang manis namun tetap ada rasa pahitnya. Harga durian yang di tawarkan cukup terjangkau untuk ukuran besar Rp 75.000,- masih bisa nego. Berhubung saya makan di tempat jadi ketika dapat durian yang rasanya gak enak, hambar atau ada cacat lain bisa ditukar sampai mendapatkan rasa durian yang sempurna. Hanya dengan uang Rp 50.000- saya sudah bisa makan 2 buah durian ukuran besar itupun sudah bikin perut kenyang. 


Berikut ini beberapa catatan saya dalam berburu durian di Jogjakarta :

1. Pilih tempat yang menurut Anda nyaman terlebih dahulu, misalnya ketersediaan tikar, air untuk cuci tangan dan kebersihan tempat.

2. Semua durian disini bisa ditawar untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kantung kita. Biasanya membeli dua buah durian lebih murah dibandingkan membeli satu saja. Semakin banyak membeli akan semakin murah, itulah logika penawarannya.

3. Percayakan pedagang untuk memilih durian yang terbaik untuk kita. Namun pastikan jaminan garansi tukar baru bila tidak enak atau busuk. Hal ini penting sekali, karena akan mempengaruhi pedagang dalam memilihkan durian yang enak. Jika perlu jangan membayar terlebih dahulu sebelum Anda selesai makan durian di tempat tersebut.

4. Setelah menikmati kelezatan durian, ada cara yang cepat untuk menghilangkan bau durian yaitu menggunakan kulit durian bagian dalam untuk mencuci tangan kita, atau dengan mengosok-gosokkan tangan kita pada bagian dalam durian sehingga bau durian dapat ternetralisir.