Wednesday, January 31, 2018

Manfaat Sayur Oyong

Tags

Saat berkunjung kerumah saudara beberapa bulan lalu si pemilik rumah menyajikan menu sayur oyong. Kalau daerah Jawa Timur bilangnya gambas, dulu aku gak suka sayur ini tp entah kenapa kali ini kok rasanya enak ya. Ha haa apa mungkin karena aku lapar. Ternyata sayur ini memiliki banyak manfaat buat kesehatan low ladies.


Ini dia manfaat Oyong untuk kesehatan yang harus anda ketahui:

Oyong merupakan sejenis buah yang masih banyak disangka orang sebagai sayur. Buah hijau ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Sekilas, buah oyong mirip dengan buah pare. Bentuknya yang panjang dengan warna putih pada bagian dalamnya sangat enak untuk dikonsumsi. Buah ini sering diolah menjadi masakan, seperti sayur oyong atau oseng oyong. Rasanya yang enak menjadi ciri khas buah yang bisa dikonsumsi sebagai lauk pelengkap nasi.

Oyong adalah buah yang punya kandungan nutrisi dan gizi yang sehat untuk dikonsumsi tubuh manusia. Kandungan buah ini terdiri dari serat, vitamin, dan juga mineral. Untuk vitamin, oyong mengandung vitamin C, vitamin B, dan juga vitamin A. Senyawa lainnya dalam buah ini yaitu cucurbitacin, triterpen, luffein, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tentang manfaat dan khasiat oyong untuk kesehatan Anda lebih jauh.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat oyong, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Meredakan penyakit asma

Khasiat oyong yang pertama yaitu meredakan penyakit asma. Buah ini bukan menyembuhkan penyakit asma Anda, namun dapat meringankan penyakit ini ketika kambuh. Buatlah jus buah dari oyong dan minum ketika asma Anda menyerang.

2. Melancarkan peredaran darah

Manfaat oyong yang berikutnya yaitu sebagai pelancar peredaran darah. Buah ini akan membuat aliran darah Anda lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh. Dengan begitu, penyakit penggumpalan maupun penyumbatan darah bisa juga dicegah sejak dini.

3. Membantu memproduksi ASI

Khasiat oyong untuk ibu hamil sangatlah bagus. Buah ini jika dikonsumsi dengan rutin akan menambah produksi ASI. Cara ini adalah cara alami yang akan menunjang kesehatan, baik untuk ibu dan juga kesehatan bayinya.

4. Obat peradangan usus

Khasiat oyong untuk usus juga sangat besar. Buah ini dpaat menjadi obat bagi organ usus Anda yang mengalami peradangan. Usus bisa mengalami hal tersebut karena organ ini bekerja dengan otot untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi, maka sering terkena radang.

5. Mengatasi peradangan pada telinga

Selain pada usus, khasiat oyong untuk mengatasi peradangan juga berlaku untuk radang pada organ lainnya yaitu telinga. Telinga yang meradang cenderung akan membuat penderitanya tidak nyaman untuk mendengar. Buah ini bisa membantu mengatasi peradangan tersebut tanpa efek samping.

6. Obat cacingan

Manfaat oyong yang berikutnya yaitu mampu menjadi obat cacingan. Buah ini mengandung senyawa yang bisa mengatasi cacing yang berpengaruh buruk untuk kesehatan Anda, terutama kesehatan organ-organ pencernaan seperti usus dan lambung.

7. Mengatasi radang tenggorokan

Khasiat oyong yang segar dapat menjadi makanan yang mengatasi radang tenggorokan. Konsumsilah sup olahan buah ini yang masih hangat agar dapat meredakan tenggorokan Anda yang mengalami radang. Dengan begitu, buah ini juga bisa dikatakan sebagai buah anti inflamasi.

8. Mencegah diabetes

Buah oyong tidak memiliki kandungan yang berbahaya yang dapat memicu penyakit diabetes. Buah ini tidak mempunyai kandungan gula yang berlebih. Anda justru disarankan untuk memakan buah ini dengan rutin untuk terhindar dari penyakit gula seperti diabetes.

9. Anti oksidan

Kandungan vitamin C dalam buah oyong adalah vitamin yang berguna untuk menjadi anti oksidan. Anti oksidan ini akan menolong tubuh Anda untuk lebih kuat dalam menangkal berbagai macam akibat dari radikal bebas.

10. Menyehatkan mata

Khasiat oyong untuk mata diperkuat dengan kandungan vitamin A yang cukup banyak dari buah ini. Vitamin A adalah vitamin utama yang dibutuhkan oleh mata untuk tetap sehat dan memberikan penglihatan yang lebih tajam untuk Anda.

Itulah manfaat dan khasiat buah oyong untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat