Friday, February 23, 2018

Belanja Batik Murah di Hamzah Batik, Malioboro

Jalan-jalan ke Malioboro Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh berupa batik atau sovenir lainnya. Di Malioboro terkenal dengan harga batiknya yang murah meriah tapi bagiku tetap mahal jika beli di penjual yang ada dipinggir-pinggir jalan. Para penjual menawarkan harga yang cukup tinggi jadi jika wisatawan gak tau atau gak bisa tawar menawar tetap saja mahal ketemunya, selain itu kualitasnya juga minim. Nah...buat kalian yang lagi jalan-jalan ke Malioboro dan ingin membeli oleh-oleh berupa batik atau semacamnya ke Hamzah Batik saja atau yang lebih dikenal Mirota Batik. Ownernya sama dengan The House Raminten.


Mirota Batik atau Hamzah Batik adalah pusat belanja souvenir dan oleh-oleh terlengkap di Jogja yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.9 (masih kawasan jalan Malioboro) tepatnya di depan pasar Bringharjo. Mirota Batik berdiri sejak tahun 1980 dan hingga saat ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan yang berburu oleh-oleh terutama pada musim liburan. Tempat ini adalah tujuan yang tepat jika anda ingin membeli berbagai jenis kerajinan unik khas Jogjakarta seperti berbagai benda berbahan batik, wayang, patung, miniatur candi, gelang, kalung, bahkan mainan anak yang bercirikhas Jogja juga tersedia disini.Ketika masuk di Mirota Batik kesan pertama yang dirasakan pengunjung adalah mencium semerbak aroma kembang setaman dan dupa yang sedang dibakar. Bagi yang pertama kali masuk, mungkin menduka dalam hati bahwa sedang ada ritual adat Jawa, namun setiap hari suasananya memang seperti ini. Konsep ini adalah strategi untuk memberikan kesan budaya jawa yang sangat kental kepada setiap pengunjung.

Pada lantai 1 akan melihat banyak koleksi pakaian batik mulai pakaian pria, wanita hingga anak-anak, harganya pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi anda yang ingin membeli souvenir atau benda-benda unik bisa lanjut ke lantai 2. Saat menuju lantai 2 anda akan melewati tangga yang di apit beberapa sepeda ontel kuno, lukisan kreatif multi konsep yang berjajar rapi serta beberapa miniatur patung hindu dan budha. Saat tiba di lantai 2 anda akan terpesona dengan banyaknya benda-benda unik khas Jogja seperti berbagai miniatur candi-candi, wayang, miniatur kereta kuno kraton, patung unik berbagai bentuk dari bahan kayu, batu dan keramik, tas berbahan batik dan kulit, benda-benda kuno yang terbuat dari perunggu dan masih banyak lagi.


Pada lantai 3 terdapat pusat kuliner Raminten 3 dimana pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman sambil beristrirahat menghilangkan lelah, apalagi jika anda mulai jalan dari jalan ujung utara Jl Malioboro hingga Mirota Batik yang jaraknya 1,3 Km tentu membuat betis begal. Silahkan rehat sejenak sambil menikmati sajian kuliner di ruangan terbuka yang ada di lantai 3 Mirota Batik.

Tidak seperti pusat souvenir di emperan jalan Malioboro, harga barang di Mirota Batik adalah harga pas. Tentunya ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin repot dan menghabiskan waktu tawar menawar dengan pedagang kaki lima di sepanjang jalan Malioboro. Perbandingan harga barang di Mirota Baik dengan pedagang kali lima di emperan jalan Malioboro pun tidak berbeda jauh, terkadang lebih lebih murah dan tekadang lebih mahal namun setara dengan kulitasnya. Pada saat musim liburan tempat ini akan padat sesak oleh pengunjung, sebaiknya berhati-hati dengan barang berharga yang anda bawa, bisa jadi ada copet yang berkeliaran dan mengincar barang bawaan anda. 

Belanja Batik Murah di Hamzah Batik ini gak bikin aku nyesel karena selain harganya yang sudah pas tanpa perlu tawar menawar lagi kualitasnya pun tak diragukan lagi. Waktu itu aku beli dan ketika aku cuci gak luntur warnanya. Soalnya dulu sebelum aku tau Hamzah batik pernah beli yang ada dipinggir-pinggir jalan pas dicuci warnanya pudar baru beberapa kali pemakaian sudah robek karena kulitas jahitan yang minim. Lebih baik beli sedikit mahal namun awet dan kulitasnya cucok meong he he biar gak malu lah ya ketika dipakai hang out bareng teman. Okey gaes sudah dulu ya review belanja kali ini semoga bermanfaat. Eh..jangan lupa foto-foto yaa karena disini juga ada beberpa spot buat foto yang unik dan menarik.