Wednesday, February 28, 2018

Cara Membuat Masker Wajah Dari Beras

Tags

Selamat pagi ,semangat pagi habis pulang kampung rasanya lama banget gak update blog. Beberapa hari aku pulang ke Magetan Jawa timur disana dingin banget sampai-sampai kulit wajahku terasa kering. Rasanya gak nyaman banget padahal aku juga sudah pakekin pelembab wajah. Nah..kepikiran buat masker sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang ada ,maklum banget ya gaes secara kalau dirumah jauh dari mana-mana. He he


Selain buah-buahan,sayuran,madu dan telur ternyata beras juga dapat digunakan menjadi masker wajah alami. Membuat masker beras ini memang harus melalui beberapa tahapan. Inilah yang membuat sebagian wanita malas untuk membuatnya.

Nah kali ini saya akan membagi tips dan cara membuat masker alami dari beras. Yuk simak langkah-langkahnya :


Membuat Tepung Beras

Tepung beras, merupakan bahan utama untuk pembuatan masker beras. Sebenarnya tepung beras ini bisa dibeli di swalayan. Namun, kebanyakan adalah beras yang sudah dicampur dengan pemutih. Yang kitaperlukan disini adalah tepung beras organik yang belum dicampur dengan bahan apapun. Jadi jika Anda ingin membeli tepung beras untuk dibuat masker, pastikan itu adalah tepung beras organik yang tidak dicampur dengan bahan lainnya, murni tepung beras. Dan yang paling baik adalah beras Jepang. Namun jika susah mecarinya, beras lokal juga bisa.

Cara Pertama

Caranya cukup mudah. Ambil beras organik secukupnya, cuci bersih kemudian rendam selama semalaman. Esok harinya beras dhaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Jemur di panas matahari hingga benar-benar kering. Tepung beras siap digunakan sebagai masker.

Cara Kedua

Hampir sama dengan cara pertama, ambil beras organik secukupnya lalu cuci hingga bersih dan rendam semalaman. Jika memungkinkan, pilih yang bulirnya berwarna bening, karena mengandung squalane oil yang tinggi. Jemur beras tersebut hingga setengah kering, kemudian tumbuk hingga halus (bisa juga diblender). Saring dengan ayakan tepung, ambil tepugn yang sangat halus dan pisahkan dalam wadah.

Tambahkan air mawar sedikit demi sedikit dan aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk. Bentuk adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil. Jemur hingga kering.

Untuk penggunaannya, ambil butiran-butiran tepung beras tersebut, kemudian seduh dengan air hingga berbentuk adonan seperti pasta. Oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah sebagai masker. Untuk wajah berjerawat