Thursday, April 26, 2018

Hati-hati Menggunakan Cream Temulawak

Tags

Cream Temulawak sudah lama banget beredar di Indonesia bahkan temen-temen dan tetanggaku juga banyak banget yang pakai produk tersebut. Mungkin karena harganya yang sangat terjangkau jadi banyak banget penggemarnya. Bayangakn hanya dengan uang Rp 25.000,- saja kalian sudah dapat cream siang dan cream malam, secara logika saja ya berarti harga satuannya hanya Rp 12.500,-. Dengan harga segitu kalian pernah berpikir tidak bahan apa yang digunakan? apakah aman jika dipakai jangka panjang ?. Selain itu si cream temulawak ini variannya banyak banget pas aku tanya ke olshop " sist ada cream temulawak ?'' ada sist mau yang dari widya, the face atau pasir padi? , waduch ini yang asli yang mana ya. Setelah aku konfirmasi kepenjualnya katanya itu semuanya ori dan bagus, disini sebagai custumer aku galau terombang-ambing ha ha.


Rumor yang beredar dimasyarakat bahwa si cream temulawak ini mengandung mercury, tapi tidak jelas cream temulawak yang mana. Kalau aku pribadi dari harganya saja sudah sangat meragukan makanya aku tidak tertaruk untuk membeli atau menggunakannya. Rasanya tidak asing lagi dengan kata “mercury”, pasalnya kata ini seringkali kita dengar di berita-berita televisi yang memberitakan penarikan produk-produk kosmetik yang mengandung mercury, baik kosmetik import ataupun kosmetik buatan lokal. Apa itu mercury, dan apa dampak negatif jika tubuh terkena mercury?

Merkuri merupakan cairan logam perak atau sering disebut air raksa (Hydrargyrum). Logam murni dari zat ini berupa cairan, tidak berbau dan berwarna keperakan mengkilat.Biasanya merkuri sering dijadikan bahan campuran kosmetik pemutih ilegal. Jadi anda harus lebih hati-hati dalam pemilihan kosmetik pemutih, karena jika mengandung merkury akan berdampak bahaya bagi kesehatan.Karena sifat dari logam murninya adalah berwarna keperakan dan mengkilap, maka oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab dibuat sebagai bahan campuran kosmetik. Memang jika anda memakai kosmetik pemutih atau misalnya pada cream pemutih yang terdapat campuran mercury-nya, wajah/kulit akan terlihat lebih putih dan berseri karena efek dari mercury tersebut. Tanpa disadari, zat mercury ini akan mengendap dibawah kulit. Jika pemakaian dalam jangka waktu yang lama, maka endapan akan terus menumpuk dan bisa memicu munculnya kanker kulit.

Nah, untuk itu hendaknya kitaselalu waspada dan hati-hati dalam memilih kosmetik, terutama cream pemutih. Minimal 2 hal ini wajibkitaukan sebelum memutuskan untuk membelinya,
1. Pastikan membeli kosmetik yang sudah memiliki izin BPOM
2. Cek nomor registrasi BPOM di situs resmi BPOM 

Selain itu pengalaman dari orang-orang sekitarku yang menggunakan si cream temualwak ini ketika mereka berhenti menggunakan produk tersebut wajah mereka berubah menjadi hitam dan cederung muncul flek hitam. Terlepas dari benar atau tidaknya rumor yang beredar ada baiknya kita selalu waspada dan berhati-hati memilih produk skincare terutama buat wajah kita sendiri.