Saturday, January 28, 2017

Tips Merawat Rambut Muslimah Berhijab

Tips Merawat Rambut Muslimah Berhijab -Berhijab adalah kewajiban setiap muslimah. Walaupun rambut ditutup dengan hijab namun tetap harus dirawat dan dijaga keindahannya ,karena setiap anggota tubuh kita ini adalah amanah dari Allah. Sebenernya perawatan rambut berhijab tidak jauh berbeda dengan perawatan rambut biasa. Biasanya permasalahan rambut berhijab tidak jauh dari rambut rontok dak ketombe.


Berikut ini Tips Merawat Rambut Muslimah Berhijab :

Teratur mencuci rambut 

Frekuensi keramas setiap orang berbeda-beda ya dear. Semuanya tergantung jenis kulit kepala dan aktivitas masing-masing individu. Misalnya ada yang kulit kepalanya notrmal-oily, jika aktivitasnya tidak padat bisa saja keramas dua hari sekali, namun jika sedang sibuk dan sering aktivitas outdoor frekuensi keramasnya bisa berubah jadi setiap hari. Keramas rutin bisa memperbaiki kondisi kulit kepala lho.

Gunakan conditioner 

Permasalahan rambut rontok salah satunya disebabkan oleh rambut yang kusut. Rambut yang kusut akan sulit disisir sehingga bisa menyebabkan rambut patah dan rontok. Nah..untuk mensiasati hal tersebut bisa dengan rutin mengguankan conditioner setiap habis keramas. Tips menggunakan conditioner , gunakan hanya dari tengah ke ujung rambut. Hindari penggunaan conditioner di pangkal rambut dan kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut lepek dan tidak bervolume.

Lakukan hair mask rutin 

hair mask atau masker rambut berfungsi sebagai deep conditioning theraphy, menutrisi rambut lebih intens dan juga merelaksasi kulit kepala. Sebaiknya lakukan minimal satu bulan sekali. Banyak sekali produk hair mask yang dijual dipasaran ,biasanya dijual dalam kemasaan cup atau mangkuk.

Hindari menggunakan hijab saat rambut masih dalam kondisi basah

Hayo ngaku siapa yang suka buru-buru pakai hijab saat rambutnya masih basah? Memakai hijab saat rambut masih basah sangat buruk bagi kesehatan rambut. Selain dapat menyebabkan rambut menjadi bau apek ,memakai hijab saat rambut basah bisa menyebabkan ketombe ,rambut rontok ,dan lepek. Sebaiknya kita mengeringkan rambut terlebih dahulu saat ingin berpergian sebelum memakai hijab. Bisa dengan cara diangin-anginkan terlebih dahalu atau jika memang kondisinya sangat buru-buru kita bisa pakai alat pengering rambut. Namun jangan terlalu sering menggunakan hair dryer ya karena bisa merusak rambut.
Sisir rambut sebelum dan sesudah menggunakan hijab

Nah..ini yang sering terlewatkan. Karena merasa rambutnya tidak terlihat kita sering lupa menyisir rambut. Padahal menyisir rambut penting lho agar rambut kita tidak kusut yang dapat menyebabkab rambut patah dan rontok 

Hindari mengikat rambut terlalu kencang 

Mengikat rambt terlalu kencang dapat membuat rambut dan kulit kepala stress.Rambut juga bisa stress lho.Rambut dan kulit kepala yang stress dapat menyebabkan banyak masalah rambut. Jika sangat terpaksa mengikat rambut dengan kencang sebaiknya jangan terlalu lama.

Istirahatkan rambut 

seperti yang sudah disebutkan sebelumnya rambut juga bisa stress. Oleh karena itu rambut kita juga butuh istirahat. Saat sedang dirumah dan aman untuk melepas hijab,sebaiknya gerailah rambut pijati kulit kepala. Biarkan rambut istirahat dari ikat rambut ,inner,dan juga hijabnya sebentar agar lebih sehat dan segar.

Makan makanan yang bergizi 

Makan bergizi tidak hanya baik untuk rambut tapi juga baik untuk tubuh ya.Menutrisi rambut tidak cukup dari luar saja kita juga harus melakukan perawatan ektra dari dalam. Shampo, conditioner ,serum,hair mask tetap harus dibantu dengan yang kita konsumsi. Selain vitamin D dan E ada juga protein, Vitamin A,B,C, zat besi ,kalsium,yodium dan juga sulfur.

Jaga selalu kebersihan hijab

Kebersihan hijab akan mempengaruhi kebersihan rambut kita, selain kebersihan rambut kita juga harus memperhatikan kebersihan hijab. Sayang sekali kan jika rambut kita sudah bersih dan wangi namun harus ditutupi jilbab yang apek kotor bin lecek.

Gunakan hijab yang adem 

Agar rambut dan kulit kepala tidak cepat gerah kita bisa memilih hijab dengan bahan yang menyerap keringat dan tidak panas.

Nah....sudah dulu ya dear semoga tips ini bisa bermanfaat.