Saturday, August 26, 2017

Berlibur Musium Benteng Vredeburg , Yogyakarta

Berlibur Musium Benteng Vredeburg , Yogyakarta - Sekali-kali nyobain yang namanya liburan sambil berlajar mengenai sejarah. Terakhir mempelajari sejarah kayaknya waktu sd dech he he. Berkunjung ke kota Yogyakarta jangan lupa untuk mempelajari sejarah, Benteng Vredeburg adalah benteng peninggalan zaman kolonial Belanda yang memiliki luas kurang lebih 2100 meter persegi. Benteng yang dibangun tahun 1760 ini digunakan Belanda untuk menahan serangan dari Keraton Yogyakarta. Benteng Vredeburg ini beralamat di Jl. Jend. A.Yani No. 6, Yogyakarta.


Jika kita mengunjungi benteng ini maka kita akan melihat :
  • Bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang dipugar sesuai bentuk aslinya.
  • Diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan sebelum Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan masa Orde Baru.
  • Koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto, dan lukisan mengenai perjuangan nasional dalam mencapai, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.
Awal mulanya benteng ini bernama Benteng Rustenburg yang mempunyai arti Benteng Peristirahatan, dibangun oleh Belanda di atas tanah Keraton. Pada tahun 1765 - 1788, Sri Sultan Hamengku Buwono I mengizinkan bangunan untuk disempurnakan dan selanjutnya diganti nama menjadi Benteng Vredeburg, yang mempunyai arti Benteng Perdamaian. Benteng ini sempat mengalami beberapa perubahan fungsi sebelum menjadi museum seperti sekarang ini. Benteng ini pernah berfungsi sebagai benteng pertahanan, markas militer Belanda dan Jepang, markas militer RI, pusat informasi dan pengembangan budaya nusantara dan baru setelah itu menjadi museum.


Di Museum Benteng Vredeburg ini terdapat berbagai fasilitas diantaranya adalah perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang seminar, ruang diskusi, ruang pelatihan, ruang pertemuan, hotspot gratis, pemandu, audio visual dan ruang belajar kelompok, ruang tamu, mushola dan kamar mandi. Jam Buka Museum ini Selasa - Jum'at pukul 08.00 sd 16.00. Dan Sabtu - Minggu pukul 08.00 - 17.00. Hari Senin dan hari Libur Nasional museum ini tutup ya guys. HTMnya terhitung murah sekali Untuk dewasa Rp 2.000 dan untuk anak-anak Rp 1.000

Seru banget pokoknya liburan disana kita bisa foto-foto dengan baground peninggalan sejarah. Dan yang paling hits banget foto didepan benteng, rasanya belum lengkap jika berlibur ke Yogyakarta namun tak menyempatkan diri untuk mengabadikan momen disana.