Saturday, August 26, 2017

Keunikan Masjid Bawah Tanah , Taman Sari Yogyakarta

Keunikan Masjid Bawah Tanah , Taman Sari Yogyakarta - Masih melanjutkan jalan-jalan ke kota gudeg . Postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Istana Air Taman Sari, sekarang mari kita membahas mengenai Masjid Bawah Tanahnya, masjid ini cukup unik dan menarik. Letaknya tidak terlalu jauh dari Istana Air Taman Sari, kurang lebih sekitar 5 - 10 menit berjalan kaki, sebelum sampai kesana kita akan melewati rumah-rumah penduduk dan melihat beragam aktivitas masyarakatnya. 


Masjid dalam tanah Tamansari ini didirikan tahun 1765. Masjid bawah tanah merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono I dan difungsikan hingga masa kepemimpinan Sultan HB II.Untuk menuju lokasi, pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri lorong-lorong bawah tanah.Bangunan masjid ini terletak di bawah tanah dan memiliki bentuk bangunan yang berbeda pada masjid-masjid umumnya, yaitu berbentuk melingkar dan memiliki dua lantai. Lantai atas untuk wanita dan lantai bawah untuk pria. 

Di setiap lantainya, terdapat lubang-lubang sebagai tempat berdirinya imam, pemimpin salat. Pada bagian dalam bangunan masjid, terdapat sumur yang dikelilingi lima tangga, kelima tangga tersebut ada yang mengartikan jumlah waktu salat umat Islam, dan ada juga yang mengartikan jumlah rukun Islam. Di bawah tangganya terdapat kolam yang dulu digunakan untuk berwudu sebelum salat, kini kolam tersebut tidak lagi terisi air. 

Bentuk bangunannya yang melingkar, menjadikan suara Anda akan bergema di dalam masjidnya. Hal ini merupakan teknologi yang digunakan masyarakat zaman dahulu ... Masyaallah ... Allahu Akbar ... Jadi tanpa menggunakan microphone pun, suara imam akan terdengar oleh semua jamaah. 

Keunikan lainnya dari masjid ini adalah bangunan temboknya yang tebal-tebal. Hampir sekitar 1,25 meter ketebalannya. Katanya, pada zaman dahulu kala batu bata itu tidak direkatkan dengan semen seperti sekarang, namun menggunakan bahan alami seperti putih telur. Wooooow ... Kebayang engga sih, berapa jumlah telur yang digunakan untuk membangun masjid ini? :) Subhanallah .

Jika kalian ingin mengabadikan momen disini harus sabar mengantri ya gaes untuk mendapatkan view atau baground yang bagus , karena selalu dipadati oleh pengunjung.