Thursday, August 24, 2017

Jalan-Jalan Di Istana Air Taman Sari, Yogyakarta

Jalan-Jalan Di Istana Air Taman Sari, Yogyakarta  - Berkunjung ke Yogyakarta itu tak akan pernah ada bosannya karena banyak banget tempat-tempat menarik. Kali ini aku mengunjungi Istana Air Taman Sari yang  terletak di Jl. Kyai Mojo No. 96, Tegalrejo, Yogyakarta. Letak istana ini tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Dari Malioboro bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan becak. Tapi guys, lokasi istana ini lumayan tersembunyi lho, letaknya di kompleks perkampungan warga, hal ini menyebabkan saya agak bingung untuk mencari rute ini. Untung saya menggunakan google maps.ha ha 

Istana ini dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Istana ini digunakan untuk tempat pemandian permaisuri serta para putri raja pada zaman dahulu. Bangunan kuno ini memiliki arsitektur yang sangat indah, perpaduan budaya Eropa, Hindu, Jawa, dan China, lengkap dengan ruangan dan lorong-lorong rahasia yang menyimpan banyak kisah. Bangunan ini dulunya mempunyai luas sekitar 10 hektar, tapi pada saat ini luas Istana Air Taman Sari ini sudah berkurang drastis karena beberapa kompleksnya telah dijadikan pemukiman penduduk. 

Istana Air ini mempunya 4 kompleks, yaitu :
  1. Danau buatan, terletak di sebelah barat
  2. Pemandian Umbul Binangun, terletak di sebelah selatan danau buatan
  3.  Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, terletak di sebelah selatan Umbul Binangun
  4. Bagian sebelah timur yang memanjang dari Pemandian Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.


Dari keempat kompleks tersebut, yang masih utuh itu hanyaPemandian Umbul Binangun, sedangkan yang lainnya sudah menjadi perkampungan penduduk yang dulunya merupakan abdi dalam Keraton. HTM ke Istana Air Taman Sari ini Rp. 5.000, sedangkan untuk wisata asing Rp. 7.000. Apabila kita membawa kamera dikenakan charge Rp. 3.000. Biasanya di depan pintu masuk Anda akan menemui beberapa orang yang menawarkan jasa sebagai pemandu. Mereka tidak mematok tarif dalam jumlah tertentu. Biasanya sekitar 25.000 - 50.000. Jam buka Istana ini dari pukul 08.00 sd 17.00.

Didalam kalian bisa berfoto-foto dengan baground istana air he he. Saran saja gaes biar kalian puas berfotonya kesana jangan pas hari libur besar atau weekend sudah pasti akan penuh sesak pengunjung.