Thursday, August 24, 2017

Menentramkan Hati Di Ringin Kembar, Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Menentramkan Hati Di Ringin Kembar, Alun-Alun Kidul Yogyakarta - Sering nonton Trans7 atau nonton ftv di Sctv ? pasti kalian sering lihat syuting mereka dengan bacground Alun-Alun Kidul Yogyakarta, yang ada beringin kembarnya itu lhoooo. Alun-Alun Kidul kita sebut saja sebagai Alkid, Yaps...disana sering banget dijadikan tempat syuting dan memang suasananya rame banget apalagi saat sore menjelang malam. Mitosnya jika kita berjalan dengan mata tertutup dan sampai ditengah-tengah ringin kembar maka apa yang jadi keingina akan terkabul . 


Disana kita berfoto foto dan mencoba sepeda mobil, saya namakan sepeda mobil, karena cara menggunakannya digowes dan bentuknya seperti mobil, jadilah SEPEDA MOBIL. Waktu itu kami membayar sepeda mobil seharga Rp 50.000 untuk dua kali putaran Alkid.

Yuu kita cerita sedikit mengenai Alkid Yogyakarta 

Alkid diyakini sebagai tempat istirahat bagi para Dewa, Oleh karena itu alun-alun tersebut sekarang ini banyak digunakan orang sebagai tempat menentramkan hati.  

Pada zaman dulu kala, Alkid ini banyak digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton, berbagai kegiatan latihan digelar seperti :
  • Setonan : ketangkasan berkuda
  • Manahan : lomba memanah dengan posisi duduk bersila
  • Rampok macan : lomba adu harimau
  • Masangin : latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua pohon beringin yang berada di tengah Alkid dengan mata tertutup, Sayangnya, saya tidak jadi mencoba "masangin" :( karena bingung menutup matanya pakai apa. Tapi  biasanya ada warga yang menjual jasa menyewakan penutup mata, kalau gak salah Rp 5000,- ( kalian harus bisa bernegosiasi )
Sebagai salah satu ikon Yogyakarta selain Tugu Yogya, Malioboro, Keraton dan Tamansari, Alkid merupakan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan. Alkid merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para pendatang yang bermukim di Yogyakarta sebelum kembali pulang ke daerahnya masing-masing. Yuu sempatkan mengunjungi ikon Yogyakarta yang satu ini.