Friday, August 25, 2017

Menikmati Keindahan Pantai Baron Dari Puncak Mercusuar

Menikmati Keindahan Pantai Baron Dari Puncak Mercusuar - Lama gak piknik kepantai terakhir ke pantai entah kapan lupa he he. Padahal belum tua-tua banget tapi sudah pelupa. Yuu mari kita bahas mengenai Pantai indah yang kesekian kalinya di Gunungkidul. heheee. Kali ini mengenai Pantai Baron. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Memakan waktu kurang lebih 2-3 jam dari Yogyakarta. Bagi aku itu sudah jauh banget rasanya, mungkin karena sempet nyasar x ya.

Baron adalah pantai yang unik, karena di sisi sebelah barat terdapat aliran sungai air tawar yang entah muncul dari mana. Sungai ini hanya sepanjang beberapa ratus meter dan bermuara tepat di pinggir pantai, menyajikan pemandangan unik saat air tawar dan air laut saling menyapa satu sama lain. Puluhan perahu berbaris di atas pasir pantainya yang putih kecoklatan. 

Warna air sungai yang kehijauan berpadu sempurna dengan tanaman hijau di atasnya, tapi hati-hati ya guys, karang disini sangat tajam. Disini kita tidak disarankan untuk berenang karena ombak Samudra Hindia yang ganas. Kemaren saya mencoba berenang di sungainya menggunakan ban, dan saya cuma berani di pinggir-pinggirnya saja, enggak sampai tengah. Karena sungainya juga lumayan curam, kalau jalan terus-terusan ke tengah, tahu-tahu sudah dalam aja :| Arus dantekanan airnya juga lumayan besar. Saya masuk ke dalam air dan berenang disana setengah jam saja, dada saya sakit setelahnya. heheee. Karena ya itu dia tekanan airnya cukup besar. 

Di atas bukit karang di sebelah timur, ada menara putih yang menjulang tara itulah dia Mercusuar. Menurut petugas penjaga mercusuar, menara putih ini baru dibangun pada Februari 2014 dan diresmikan pada Desember 2014. Tingginya kurang lebih 40 meter, menara ini didirikan untuk menggantikan mercusuar lama yang berada di sampingnya berupa menara besi yang sudah keropos. Menara ini memiliki fungsi sebagaipemandu kapal yang melintas dan juga sebagai penambah daya tarik wisata di Pantai Baron.

Aku kesana sudah sore banget sich dan alhamdulillah dikasih kesempatan sama petugas diizinkan naik ke atas mercusuar. Hanya dengan membayar Rp 5000,- per orang. Oh..Tuhan sumpah ciptaanmu sunggu luar biasa indahnya. Pemandangan pantai baron makin sangat keren saat kalian bisa sampai dipuncak mercusuar dan kalian bebas berteriak tak akan ada yang mendengar kecuali temen disebelah kalian.



Oiya, jangan lupa untuk mencicipi masakan laut pantai ini yaaa. Disini banyak tempat pelelangan ikan yang cukup besar. Ada udang, lobster, ikan tongkol, ikan bawal, dan ikan kakap. Di pantai ini ada penginapan juga, ada toko penjual cenderamatanya juga . Selamat berwisata ke Pantai Baron.