Wednesday, December 27, 2017

4 Tempat Wisata Kulon Progo, Yogyakarta

Selamat pagi semangat pagi ladies. Masih dalam rangka libur panjang menyambut Natal dan Tahun Baru 2018 kali ini aku akan membagikan info tempat-tempat wisata di daerah Kulon Progo Yogyakarta.Hampir semua kabupaten di wilayah propinsi DI Yogyakarta memiliki tempat-tempat wisata yang keren. Tak terkecuali Kulon Progo. Kulon Progo sendiri merupakan kabupaten yang berada di ujung barat Jogja, berbatasan langsung dengan Magelang. Di Kulon Progo kita akan disuguhi oleh pemandangan Bukit Menoreh yang begitu indah.



Jadi, jika kamu ada agenda liburan ke Jogja dan ingin menghabiskan waktu beberapa hari di sana, tidak ada salahnya untuk menjadikan Kulon Progo sebagai destinasi liburan. Sehingga, suasana liburanmu tidak akan monoton. Karna bisa ditebak, kawasan Malioboro dan sekitar Kota Jogja pasti akan menjadi tujuan utamamu saat jalan-jalan ke Jogja

Berikut Ini 4 Tempat Wisata Kulon Progo, Yogyakarta :

Pantai Glagah

Tidak cuma Gunung Kidul dan Bantul saja yang punya pantai. Di Kulon Progo kita juga bisa menemukan beberapa wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Glagah. Pantai ini adalah yang paling terkenal di Kulon Progo. Ciri khas pantai ini adalah keberadaan tetrapod yang berfungsi untuk mencegah abrasi pantai. Dari tumpukan tetrapod inilah biasanya para pemancing melaksanakan hobinya.

Sebagaimana Pantai Selatan Pada umumnya, Pantai Glagah juga memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga berenang di pantai ini sangat tidak disarankan. Untuk mendapatkan suasana dan pemandangan yang maksimal, sore hari menjadi waktu yang paling tepat untuk datang ke pantai. Pemandangan sunset di pantai ini cukup indah dan merupakan objek menarik bagi para penggemar fotografi.

Kalibiru

Beberapa waktu belakangan, Kalibiru menjadi tempat wisata yang banyak dibicarakan oleh banyak orang. Kebanyakan dari mereka memuji kecantikan pemandangan yang ada di tempat ini. Yakni pemandangan bukit menoreh yang hijau membentang. Yang menjadikan pemadangannya semakin indah adalah keberadaan sebuah titik air di antara belantara bukit. Itulah Waduk Sermo

Untuk bisa menikmati pemandangan indah di sana, telah disediakan beberapa pohon yang dilengkapi dengan papan untuk duduk. Menjelang senja, pemandangan di tempat ini terlihat sangat indah. Penggemar fotografi tak boleh melewatkan pemandangan seperti ini.

Waduk Sermo

Inilah titik air yang bisa kita lihat dari Kalibiru: Waduk Sermo. Waduk Sermo tidak jauh berbeda dengan waduk-waduk pada umumnya. Selain berfungsi untuk irigasi waduk ini juga digunakan sebagai area wisata. Yang menarik dari waduk ini adalah pemandangan di sekitarnya yang terlihat sangat indah karna dikelilingi oleh Bukit Menoreh.

Untuk berkeliling waduk, kita bisa menyewa perahu wisata yang siap mengantarkan kita menjelajahi setiap sudut waduk yang berlatar pemandangan hijau Bukit Menoreh. Waduk ini juga terkenal memiliki pemandangan senja yang istimewa

Desa Wisata Nglinggo

Nglinggo merupakan salah satu Desa Wisata di Jogja yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Desa wisata ini terkenal dengan perkebunan tehnya. Sebagaimana perkebunan teh pada umumnya, kita akan disuguhi pemandangan hijau tak terbatas yang sangat menyejukkan mata di Kebun Teh Nglinggo. Perkebunan teh ini berada pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Selain perkebunan teh, ada satu tempat menarik lain yang berada di desa Nglinggoyakni sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Curug Watu Jonggol. Lokasi desa Wisata Nglinggo ini tidak terlalu jauh dengan Puncak Suroloyo. Keduanya sama-sama berada di wilayah kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Kulon Progo, namun beberapa tempat yang aku sebutkan diatas adalah yang sudah aku kunjungi. Mungkin lain kali aku akan menyempatkan diri mengunjungi tempat wisata lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian ya gaes.