Saturday, December 30, 2017

Tips Belanja Kosmetik Online

Sebagian besar kosmetik- kosmetik yang aku pakai dan aku review beli secara online. Belanja online adalah proses membeli suatu produk di suatu aplikasi atau website  penjualan dengan menggunakan akses internet. Contohnya, aku beli cream di www.richaolshop.com 



Awalnya saya termasuk orang yang tidak percaya dengan belanja online karena komentar miring dari teman-teman yang pernah berbelanja online. Contoh, barang yang tidak sesuai dengan gambar, produk yang dikirim berbeda bentuk/merek, dan yang paling fatal adalah penipuan oleh seller (penjual). Ketika uang sudah di transfer seller menghilang barang tidak dikirim dan semua akses di block.

Namun, karena ada beberapa teman yang sukses melakukan belanja online, saya mulai tertarik dan sekarang menjadi ketagihan berbelanja online.

Berikut beberapa manfaat berbelanja online yang telah saya nikmati :
1. Hemat Ongkos. Tidak perlu ongkos mengunjungi suatu toko atau mall jika ingin berbelanja sesuatu. 
2. Bebas Beban. Tidak perlu mengangkut barang belanja yang berat, karena kurir penjual online akan mengantarkan barang pesanan langsung ke alamat pembeli.
3. Bebas Capek. Tidak perlu repot-repot mencari produk yang diinginkan di rak-rak toko, cukup dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian website.
4. Bebas dari Penjual yang Rewel. Tidak perlu tawar-menawar
5. Bebas Memilih. Memberikan waktu yang lebih leluasa untuk mempertimbangkan suatu barang
6. Bebas Berpetualang Harga. Bebas membandingkan harga barang dari beberapa website.

Namun, di balik setiap kelebihan memang selalu saja ada kekurangan sebagai berikut :

1. Lamaaaaaa. Keinginan ingin memiliki tidak bisa segera terpenuhi dalam satu hari karena produk biasanya akan tiba dalam 24 jam ke atas, apalagi jika berada diluar kota seller.
2. Bikin Galau. Produk tidak bisa di coba dan disentuh.
3. Gajeeee. Kadang, estimasi pengiriman 3 hari malah nyampaii nya lima hari, kan bikin kesal.
4. PHP. Barang yang ditampilin merek A yang datang merek Z. Aduuuuh~
5. Rugi. Terlalu terbuai dengan konten yang ditawarkan apalagi dengan harga murah, kadang membuat pembeli gampang untuk ditipu oleh seller.

Nah untuk mengantisipasi kekurangannya, simak ini tips agar aman berbelanja online :
1. Website terpercaya. Pastikan website yang kamu kunjungi sudah berdiri lama dan terkenal di masyarakat. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan kita pada website tersebut. Contohnya : www.mataharimall.com, www.olx.com, www.lazada.co.id, www.blibli.com, www.richaolshop.com dll.
Biasanya website yang telah ternama seperti mereka akan menyediakan asuransi untuk pelanggan jika produk yang dipesan bermasalah, tidak sampai, rusak atau bahkan berbeda dengan pesanan kamu. Jadi, kalau ada masalah tinggal lapor saja lewat e-mail, kalau di Lazada dan Mataharimall, biaya pengiriman kembali di tanggung oleh mereka.
2. Hindari website yang masih memakai domain blogspot atau wordpress. Biasanya mereka belum resmi dan rentan penipuan. Domainnya saja blogspot berarti masih website gratisan.
3. Hindari penjualan produk yang hanya ditawarkan lewat satu media sosial saja seperti, BBM. Sudah banyak teman saya yang tertipu ini itu gara-gara melakukan transaksi lewat satu media sosial saja. Setelah mereka mengirimkan uang pembayaran produk, tiba-tiba di dellcont lah, hilanglah, gak respon lah. Aiiih, sedihnya.

Selain tips mengantisipasi kekurangan di atas, berikut ada tips agar terhindar dari penipuan produk :
1. Jangan terlalu percaya dengan gambar yang ditampilkan apalagi jika harga nya sangat murah. Untuk memastikan apakah produk tersebut memang bagus, silahkan lihat ulasan atau kolom komentar pembeli-pembeli sebelumnya, apakah mereka puas atau kecewa. Jika belum ada yang mengulas, berarti belum ada yang membeli. Lebih baik, pikir-pikir dulu apakah yakin akan membeli yang belum ada ulasannya?
2. Lihat rating dan komentar yang diberikan oleh pelanggan pada suatu produk. Website Lazada adalah salah satu contoh yang bagus karena setiap produk menampilkan rating dan tanggapan dari pelanggan. Hal ini bisa menjadi acuan kita untuk menilai apakah suatu produk memang bagus atau tidak.
3. Jika masih ragu dengan harga yang ditampilkan, silahkan searching dengan Google untuk mencari tahu harga yang sebenarnya.
4. Jika masih ragu dengan gambar yang ditampilkan, silahkan searching dengan Google untuk mencari tahu gambar yang sebenarnya

Demikian sekilas pengamatan dari pengalaman pribadi saya saat berbelanja online. Saya termasuk orang yang ekstra hati-hati dan sampai sekarang, setiap berbelanja online, produk-produk (make-up) yang saya order selalu sesuai dengan harapan.