Saturday, September 10, 2016

Mau Belanja Kosmetik Online,Simak Tips Berikut

Tags

Mau Belanja Kosmetik Online,Simak Tips Berikut-Ada yang suka dan hobi berdandankah? Kalau saya sendiri suka dandan meski nggak hobi dandan. Dan sebagaimana perempuan pada umumnya saya juga suka tergoda kalau lihat promo atau jualan makeup bersliweran hehehe…Meskipun saya kesehariannya jarang pakai dandan dan hanya ber-makeup lengkap kalau keparty (baca: kondangan) saja, koleksi makeup saya terbilang lumayan lah. Dan akhir-akhir ini saya lagi kesengsem sama kosmetik made in Korea.



Diantara bejibun brand yang ada, saya paling tertarik sama merk Etude House sama The Face Shop. Jadilah saya beli beberapa produk dari merk tersebut. Kebetulan saya lagi butuh bedak compact, karena bedak compact saya jatuh dan hancur hiks…Setelah browsing sana-sini saya tertarik sama bedaknya Etude House yang Oil Control Pact dengan fungsi utamanya buat mengontrol minyak berlebih di wajah (dan memang itu yang saya cari).Mau Belanja Kosmetik Online,Simak Tips Berikut

Baca Juga : Arti Dan Psikologi Warna Favorit

Sebelum membeli saya pun terlebih dahulu browsing dan googling tentang produk tersebut dan dimana bisa membelinya. Secara gitu loh, sekarang ini banyak banget kosmetik palsu yang beredar dengan harga yang murah meriah. Setelah membandingkan dan menganalisis beberapa toko online shop serta melakukan berbagai tindakan pencegahan agar tidak tertipu produk palsu *halah* saya akhirnya membeli beberapa produk dari negeri gingseng tersebut. Setelah sekitar semingguan memesan akhirnya barang pesanan saya sampai juga dengan selamat. Alhamdulilahbarang tersebut setelah saya cek, Insyaallah asli *mantap&yakin*.Kali ini saya mau ngasih sedikit tips belanja online.

Nah, buat yang mau membeli kosmetik khususnya merk dari luar negeri apalagi kalau belinya dari online shop, berikut beberapa tips sebelum membeli :

  • Cari tahu dan kenali terlebih dahulu produk yang akan kita beli. Mulai dari harga, kemasan hingga bentuk atau isi produk tersebut seperti tekstur, bau dan warna dari produk yang asli. Kenali ciri-ciri produk yang asli. Kita bisa mencari tahu dan membandingkan dengan produk yang terdapat pada toko atau situs resminya. Untuk harga bisa membandingkannya dengan website resmi / toko resmi produk tersebut.
  • Harga mahal bukan jaminan produk tersebut asli. Kalau harga murah terutama jauh sekali perbandingannya dengan harga resmi, maka bisa dipastikan itu palsu. Tapi belum tentu loh kalaupun harganya mahal itu produk asli. Bisa jadi itu juga produk palsu. Kenapa? Karena bisa jadi seller tersebut adalah seller kesekian dari produk palsu tersebut. Katakanlah jika seller utama misalnya mendapatkan produk palsu dengan harga Rp 50.000 kemudian dia menjual kembali dengan harga Rp 80.000-100.000 dengan mengatakan itu adalah harga reseller kepada pembeli yang akan menjualnya lagi. Lalu para reseller ini akan menjual kembali barang-barang palsu tersebut dengan menaikkan menjadi 100-300ribu agar terkesan HANYA BERBEDA SEDIKIT DENGAN HARGA ASLINYA, serta untuk MENDAPAT UNTUNG YANG BANYAK. Nah, para pembeli yang tentunya tahu bahwa harga produk itu mahal, dan berbeda sedikit dengan harga toko. Misal diskon hanya 10-20%, akan merasa bahwa itu asli sebab hanya produk palsu yang murah. Tidak perlu juga bertanya pada seller apakah produknya asli atau palsu, karena TIDAK ADA MALING YANG MAU MENGAKU.
  • Carilah toko yang terpercaya, baik yang offline maupun online. Jangan hanya terpaku pada satu toko saja. Bandingkan juga dengan toko yang lain. Pada toko online, cari tahu tentang asal-usul toko tersebut sebanyak mungkin. Misalnya jenis tokonya, apakah dia sebagai pemasok/penjual utama atau hanya sebagai perantara. Lalu alamat toko/kantor, nomor telp hingga darimana toko tersebut mendapatkan produknya. Apakah import atau tidak? Biasanya untuk produk import harganya memang lebih mahal karena terkena biaya shipping dan bea cukai. Namun bisa juga tetap setara harga produk di negara asal jika mendapatkan produk langsung dari produsen. Selain itu, harga toko resmi biasanya juga lebih mahal karena toko tersebut harus membayar sewa toko hingga karyawan.
  • Lihat juga website toko online tersebut. Apakah tampilannya menyakinkan atau tidak. Domain toko juga berpengaruh loh, misal yang co.id tentu lebih bisa dipercaya dibandingkan yang .com apalagi yang masih memakai platform blog.
  • Lihat track record toko online tersebut. Apakah sering bermasalah atau tidak. Ini bisa dilihat salah satunya dari review para konsumen.
  • Cari tahu juga tentang keamanan proses pembayarannya. Untuk website toko perantara, penggunaan rekening bersama tentu lebih aman. Selain itu nama pemilik rekening jika menggunakan nama toko tentu lebih meyakinkan daripada menggunakan nama personal.
  • Cari tahu juga tentang pengembalian/retur produk. Bisakah dilakukan retur serta syarat dan ketentuannya apa saja. Biasanya toko online yang jujur dan bertanggungjawab memiliki layanan pengembalian produk.
Jika belum yakin atau baru pertama kali membeli di online shop tersebut, maka sebaiknya lakukanlah pembelian awal dengan jumlah transaksi kecil. Anggap sebagai percobaan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Mau Belanja Kosmetik Online,Simak Tips Berikut,Tapi kalau sudah yakin bahwa produk yang akan dibeli adalah asli serta aman, silahkan saja melakukan order. Memang tidak semua seller seperti itu, karena masih banyak juga seller yang jujur dan bertanggung jawab. Namun sebaiknya kita tetap waspada. Terkadang, ada juga loh seller yang tidak tahu bahwa produk yang dijualnya adalah palsu. Jika seller tersebut bertanggung jawab, seharusnya dia menghentikan penjualan produk palsu tersebut.

Memang sih, harga produk yang palsu sangat terjangkau di kantong. Hanya dengan uang kurang dari Rp 100.00 saja, kita mungkin bisa mendapatkan palette lengkap dari eyeshadow hingga lipstik suatu kosmetik merek terkenal. Padahal untuk merk asli, kita mungkin harus merogoh kocek cukup dalam hingga ratusan ribu. Mau Belanja Kosmetik Online,Simak Tips Berikut. Tapi apa yakin kulit kita akan aman? Beli produk yang asli aja kadang kulit kita belum tentu cocok, apalagi yang palsu dan kandungan bahannya tidak jelas. Kalau nggak mau ambil risiko, tentunya tempat berbelanja paling aman adalah membeli langsung di toko resmi atau counter kosmetik terpercaya. Jadi, yang mana pilihan kamu?

Baca Juga : Mengapa Hari Senin Dilakukan Upacara Bendera