Friday, November 17, 2017

Tips Make Up Buat Pemula

Tags

Melihat cewek cantik dengan make up yang bagus tentu ada keinginan pengen bisa make up seperti mereka, namun disatu sisi kita gak tau nie mulainya dari mana dulu. Mau beli produk ini itu takutnya hasilnya gak bagus dll.

"Bingung nih mau beli alat makeup yang mana dulu" 

"Duh, ga ngerti cara pakai makeup" 

"Pakai makeup dimulai dari mana dulu sih?"

Mungkin kamu-kamu pernah ada yang ngalamin seperti kalimat diatas? Sama, aku juga dulu pernah ngerasain kok *toss*. Dulu, pas awal masuk kuliah andalan makeup aku cuma bedak, eyeliner sama lipstick dan itu semua hasil hibahan dari kakak kost. Beruntung punya kakak kost yang hobbi makeup, beli makeup kebanyakan atau tidak cocok akan dihibahkan ke adek kost.


Setiap pergi ke kampus andalan makeup aku cuma 3 tadi dan teman-teman sekelas mengira aku sudah mahir dalam makeup, padahal tidak sama sekali ( Aku baru menekuni dunia makeup setahun yang lalu, karena temen suka menceramahi kurang lebih seperti ini:

"sebagai perempuan jangan cuma pinter beberes rumah dan masak tapi juga harus pintar dandan"

Tapi ada benarnya juga kata kakak kostku kalau dipikir-pikir, maka dimulailah aku berburu alat makeup baik produk dalam maupun luar negeri. Sampai akhirnya aku ketagihan sama yang namanya makeup, rasanya selalu timbul keinginan terus-terusan beli alat makeup.

Makeup bisa merubah penampilan kamu jadi lebih segar, enak dilihat dan membuat kamu lebih pede dalam menjalani hari-hari. Sudah cukup sepertinya saya kebanyakan curhat bukannya memberi tips. Oke kalau begitu, sebelum membeli makeup ada baiknya perhatikan tips berikut ini ya cantik:

Berikut ini Tips Make Up Buat Pemula  :

Sesuaikan dengan budget yang kamu punya

Ini penting banget, jangan sampai saking kalapnya kamu beli makeup terus lupa dengan kemampuan kantong sendiri. Meskipun masih baru banget dalam dunia makeup, tidak perlu sistah membeli semua jenis makeup dan membeli alat makeup yang mahal. Prioritaskan alat makeup yang paling penting dahulu dan banyak alat makeup murah namun kualitasnya bagus. Seperti beli bedak, eyeliner, pensil alis dan lipstick.

Perbanyak cari masukan/review

Nah, ini juga tidak kalah penting. Perbanyak baca review tentang alat makeup yang akan kamu beli, bisa googling atau nonton video youtube mengenai testimoni dari sebuah produk. Kamu juga bisa tanya ke teman yang lebih mengerti tentang dunia makeup. Sehingga kamu bisa lebih bijak membeli sebuah produk dan bisa menghemat anggaran membeli makeup.

Lakukan riset harga

"Yah, ternyata disini lebih murah lima ribu" - Namanya juga cewek, beda harga lima ribu saja langsung nyesel. So, sebelum membeli produk makeup ada baiknya melakukan riset harga sebagai bahan perbandingan biar supaya tidak nyesel-nyesel banget kalau tahu ada yang lebih murah. Dan ada baiknya belilah makeup disaat sedang diskon, jadi lebih hemat pengeluaran bukan?

 Selalu beli produk Makeup ORIGINAL

Kalau yang satu ini tidak bisa ditawar-tawar deh, kamu harus beli produk makeup yang asli. kalau ada seller yang bilang


"Ini KW Supernya kok, kualitasnya mirip sama yang asli"

Come on girls, ini bukan barang kayak tas atau sepatu. Ini makeup loh yang langsung nempel sama kulit kamu, produk makeup yang asli saja kadang tidak menjamin bahan-bahan kimianya aman buat kulit gimana yang makeup palsu? Kalian ga tau kan bahan kimia apa yang ada di produk makeup palsu. Kulit Wajah kalian itu investasi untuk masa depan, kalau sudah rusak biaya penyembuhannya malah justru lebih mahal daripada alat makeup yang kamu beli. Trust me girls, ini buat kebaikan kalian sendiri kok.

Nah, itu 4 tips sebelum memilih makeup untuk pemula. "Terus aku harus beli alat makeup yang mana dulu nih sis?" Nah selanjutnya akan aku bahas:

Pelembab

Sebenarnya sih pelembab ini masuk ke dalam kategori skincare yah, tapi tetap aku masukkan disini karena langkah awal sebelum pakai makeup adalah pelembab. Penting lho sis untuk mempertahankan struktur kulit wajah kita. Sesuaikan pelembab wajahmu dengan jenis kulitmu, ada tiga jenis pelembab untuk kulit yakni berminyak, normal dan kering. Pilih pelembab yang paling mendekati dengan jenis kulit kamu. Pilih yang paling mendekati dengan jenis kulit kamu.

Berikut saran pelembab dari aku:

Berminyak: 

< 100k: Gizi Super Cream, Ponds White Beauty Natural Day Cream, Hada Labo Shirojun Milk, Olay White Radiance day cream


> 100k: Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel, Kiehls Yerba Matte, L'occitane Super Matte Face Fluid, Secret Key Snail Gel

Normal

<100k: Ponds White Beauty Translucent Pinkish White

> 100k: Secret Key Snail Gel Cream, SKII Stempower

Kering

<100k: Hada Labo Gokujyun Milk, Olay Total Effect

> 100k: The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet, Hydraluron


BB Cream or Foundation

Sekilas banyak yang mengatakan bahwa BB Cream dan Foundation hampir sama, tapi beda loh sis sebenarnya. BB Cream mempunyai tekstur yang lebih ringan dan aman digunakan sehari-hari, BB Cream biasanya sudah mengandung skincare yang dibutuhkan oleh kulit wajah kita. Coverage dari BB Cream sendiri juga lebih sheer dibanding foundation. Sedangkan Foundation teksturnya lebih berat dibanding BB Cream, sebenarnya aman kok Foundation ini dipakai tiap hari asal cara membersihkannya benar. Coverage dari foundation antara medium to full, jadi mampu menutup kekurangan di wajah dengan baik dibandingkan dengan BB Cream. Jika kamu sudah memakai BB Cream tidak perlu pakai Foundation lagi ya sis, begitu pula sebaliknya. BB Cream or Foundation? Pilihannya ada di tangan kalian, sesuaikan dengan kebutuhan ya sis.

BB Cream

Untuk dandan sehari-hari ada baiknya pakai BB cream karena lebih ringan dibanding foundation apalagi untuk kamu yang masih remaja. BB Cream biasanya hanya ada 1 shade saja tapi akan menyatu dengan warna kulit kita setelah beberapa menit.

Berminyak:

< 100k : Ponds BB Cream, Garnier BB Cream, Caring Colours BB cream everlast

> 100k : Atomy BB Cream, Ettusais BB Cream, BB Cream Skin79, Missha BB Cream

Kering:

Etude House Precious Mineral BB Cream Blooming Fit, Missha BB Cream perfect cover, Skin 79 BB Cream seri absolute total

Foundation

Nah, kalau foundation biasanya dipakai untuk acara penting tapi bisa digunakan sehari-hari asal coveragenya sheer or medium dan cara membersihkannya benar.Sebagian orang berpendapat foundation akan membuat kulit rusak, tapi sebenarnya tidak juga asal kamu membersihkan wajah dengan benar. Berikut ini adalah foundation yang masih oke buat dipakai sehari-hari

Diurutkan dari harga termurah sampai mahal:

Caring Colours Stay True Foundation, Revlon Colorstay Foundation, Covergirl outlast stay fabulous 3-in-1 foundation, Borjouis Healthy Mix Foundation Serum, Chanel Vitalumiere Foundation

Bedak

Nah ini juga wajib kamu punya, dipakai setelah BB Cream atau Foundation supaya BB Cream/Foundationnya lebih matte dan membuat BB Cream atau Foundation lebih tahan lama. Tetapi buat kamu yang tidak suka pakai bedak setelah BB Cream atau Foundation, bisa di skip aja langkah ini. Bedak juga bisa kamu pakai single use tanpa BB Cream atau Foundation sebelumnya. Bedak terdiri dari dua bentuk yaitu compact powder dan loose powder. Loose powder biasanya dipakai untuk nge-set foundation atau BB Cream karena butirannya lebih halus. Kalau compact powder bentuknya lebih praktis untuk dibawa kemana-mana.

Saran bedak dari aku diurutkan dari yang murah sampai yang mahal:

Wardah Loose Powder, Revlon Translucent Loose Powder, Make Over Silky Smooth Translucent Powder, Skinfood Buckwheat loose powder, Ben Nye Banana Powder, Chanel Poudre Universelle Libre Loose Powder.

"Duh, Bedak tabur kan ribet bawanya makan tempat banget kalau dimasukin ke tas" - Bisa kalian ganti sama bedak padat.

Saran bedak padat dari aku:

Sariayu compact powder, Wardah compact powder, Revlon Two Way Cake New Complexion, Rimmel stay matte powder.


Pensil Alis 

Rasanya kurang greget kalau dandan tidak pakai alis, bahkan banyak sekali meme tentang alis. Alis bisa dikatakan sebagai bingkai wajah, bentuk alis juga bisa menentukan karakter wajah kamu. Banyak sekali makeup untuk alis bentuknya ada yang pencil, cake, gel and mascara. Nah buat pemula, aku sarankan mulai belajar pakai alis menggunakan pensil alis. Karena pensil alis lebih mudah dipakainya apalagi untuk pemula bisa belajar membentuk dan mengisi alis serta pensil alis sangat praktis untuk dibawa dibanding makeup alis lainnya. 

Saran dari aku buat pensil alis, diurutkan dari yang murah ke yang mahal:

Pensil Alis Fanbo, Pensil Alis Viva, Pensil Alis Wardah, Revlon Eyebrow Pencil, Maybelline Fashion Brow 24H, Shu-Uemura Hard Formula Pencil.

Eyeliner

Eyeliner salah satu kunci makeup mata, bahkan banyak yang mengatakan cukup dengan eyeliner bisa membuat mata lebih besar dan terlihat 'hidup'. Eyeliner bentuknya juga macam-macam ada yang pensil, gel, liquid and spidol. Banyak yang berpendapat untuk pemula lebih baik belajar makai eyeliner dari bentuk pensil yang lebih mudah, namun menurut aku lebih baik seorang pemula mulai belajar memakai eyeliner dari bentuk spidol karena lebih mudah dipakainya dan tidak perlu meraut untuk mendapatkan ujung eyeliner yang lancip juga bisa menentukan tebal-tipisnya garis dan biasanya warnanya lebih tajam. Untuk pemula, ada baiknya memilih warna eyeliner yang hitam. Beberapa orang memilih untuk men-skip pakai eyeliner jika memang tidak terlalu penting dalam bermakeup.


Saran pensil eyeliner diurutkan dari yang murah ke yang mahal:

Maybelline Eye studio crayon liner, Etude House Proof 10 Auto Pencil, Make over eyeliner pencil.


Saran eyeliner spidol diurutkan dari yang murah hingga mahal:

Mizzu eyeliner, Maybelline hypersharp liner, The Skin Food Black Rice Pen Eyeliner.


Lipstick

Banyak sekali pewarna bibir dari lipgloss, lipstick hingga liptint. Aku yakin kamu punya setidaknya satu produk ini. Untuk kamu yang masih takut pakai lipstick karena takut nantinya bibirnya hitam bisa pakai lipbalm saja, kalau kamu ingin bibir pink natural seperti cewek korea bisa pakai liptint, kalau sistah suka dengan lipstick jangan lupa pakai lipbalm. Lipstick pun punya beragam finish dari yang matte, satin sampai glossy. Jangan lupa sesuaikan warna lipstick yang kamu pakai dengan acara kamu ya.

Saran lipstick dari aku, duh sebenarnya banyak banget saran dari aku tapi aku ringkas aja ya yang harganya masih affordable:

Wardah long lasting lipstick, Wardah exclusive lipstick, Make over hi-matte lipstick, Make over creamy lust lipstick, NYX Soft Matte Lipstick, Revlon super lustrous lipstick, LA Girl Pigment Gloss, Maybelline color sensational lipstick. dan masih banyak lagi.

Mascara

Mascara dapat membuat bulu mata kamu terlihat lebih panjang, tebal dan lebih lentik. Biasanya sebelum memakai mascara, jepit bulu mata terlebih dahulu dengan eyelash curler. Pilihlah mascara yang waterproof supaya saat terkena air, mascara tidak luntur dan membentuk mata panda. Sebenarnya aku kurang begitu suka pake maskara, jadi kalau kamu sama seperti aku pemakaian maskara ini bisa di skip. 

Saran mascara dari aku diurutkan dari yang murah ke yang mahal:
Zoya Magic Lash Mascara, Maskara QL, Maybelline yang mana aja soalnya hampir semua mascara keluaran dari Maybelline ini bagus, Relian Mascara, Benefit They're Real Mascara.

sis, alat makeup yang kamu kasih tau ini dijamin bagus dan cocok buat aku?" Merk makeup yang aku jabarkan diatas hanya saran dari aku, dimana sebagian besar merk makeup diatas sudah pernah aku coba dan hasilnya lumayan bagus sampai bagus banget. Cocok di kulit aku, belum tentu cocok di kulit kamu kan? Semua butuh proses error and trial, sampai dimana kamu menemukan merk makeup mana saja yang cocok buat kamu. Saran merk makeup yang aku tulis diatas jangan ditelan mentah-mentah tapi kamu coba searching lagi cari tahu review lebih lengkapnya sebelum memutuskan membeli. Hal tersebut juga membuat kamu lebih matang dengan uang yang akan dikeluarkan untuk membeli makeup. sok bijak

Ketujuh alat makeup diatas sudah cukup membuat kamu terlihat lebih stunning, untuk seorang pemula. Sebenarnya masih banyak sekali alat makeup selain yang diatas seperti highlight, contour, concealer, primer, eyeshadow, Blush On dan lain-lain. Tapi buat sistah yang masih pemula di dunia makeup sepertinya ketujuh alat makeup itu sudah cukup, nanti kalau sudah mahir kamu bisa mengupgrade alat makeup. Nah itu tips dari aku tentang makeup untuk pemula, semoga bermanfaat ya.