Monday, April 16, 2018

Apa Yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Saham ?

Halo..halo kembali lagi aku akan menulis mengenai investasi disaham lagi, walaupun aku juga masih pemula he he. Kebanyakan investor, terutama yang masih pemula seperti aku tidak tau kemana harus memperoleh informasi yang valid tentang saham/perusahaan yang akan dibeli. Nah..sebelum memutuskan membeli saham ada beberapa hal yang harus dipikirkan. Ya, sebaiknya tidak membeli saham sampai semua pertanyaan ini terjawab.

Berikut ini panduan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli saham:

Kondisi Perusahaan

Perusahaan ini ngapain sih sebetulnya ? Bisnisnya apa ? Untuk lebih mudah menjawabnya kalian bisa buka google cari sektor bisnisnya. he he. Atau kalian bisa dowload aplikasi RTI Business disitu lengkap banget informasi dari perusaahaan yang sahamnya kalian incar. Hal ini dilakukan untuk mengamati kondisi perusahaan apakah berkembang dengan baik atau justru sebaliknya. Perhatikan pula bagaimana kinerja perusahaan mulai dari profile, keuangan perusahaan hingga beritanya di pasar modal.

Keunggulan Perusahaan 

Apa saja yang menarik dari perusaahan tersebut jika banyak keunggulannya ya banyak-banyak kita beli sahamnya. Misalnya sahamya rutin bagi deviden. Deviden sendiri merupakan laba yang akan diberikan pada para pemegang saham. Mengamati kebijakan deviden membatu investor dalam memutuskan apakah perusahaan dapat memberikan keuntungan kedepannya atau justru sebaliknya.

Kendala Dan Resiko 

Saat kita memutuskan ingin membeli saham selain kita tahu keunggulan dari perusahaan kita juga harus tahu juga apa kendala, resiko dan hal-hal yang perlu diwaspadai? Nah..kalau resikonya banyak, erlu baca koran saja. Misalnya sektor rokok , berarti kalau baca koran cukup highlights tentang rokok.

Statistik kinerja

Ketika kita memilih saham untuk dimasukkan ke dalam portofolio, ada baiknya perhatikan pula proyeksi dari kinerja perusahaan tersebut di masa depan. Selain itu, anda juga diharapkan melakukan analisis kinerja perusahaan di masa lalu berikut juga catatan- catatan keuangan yang dimiliki. Analisa kinerja dapat memberikan indikasi berguna bagi para investor.

Laporan mengenai rugi dan laba

Laporan rugi dan laba menjadi salah satu panduan bagi para investor sebelum menentukan saham mana yang akan dibeli. Laporan laba rugi dapat digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi keuangan perusahaan kedepannya.

Kira-kira begitu jika ada salah atau kurang mohon menambahkan dikolom komentar y, harap maklum masih pemula.