Friday, May 4, 2018

Tips Mencuci Kebaya

Tags

Buat acara nikahan atau acara wisuda kalian lebih suka pakai kebaya atau apa gaes ?Kalau aku lebih suka pakai kebaya dobandingkan pakai gaun. Kebaya adalah salah satu pakaian adat asli Indonesia yang sering digunakan dalam berbagai rangkaian acara, baik acara formal maupun informal. Namun, cara membersihkan atau mencuci kebaya tidaklah mudah dan segampang baju biasa dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan seperti kain broklat, lace, organdi maupun tulle. Pada acara-acara resmi seperti acara wisuda dan pernikahan untuk tampil cantik umumnya menggunakan kebaya sebagai andalannya ,selain karena fokus pada pemahaman tradisi , kebaya payet juga lebih fashionable kepada pemakainya baik muda , dewasa ataupun orang tua . Namun tidak terlalu sering digunakan yaitu pada acara-acara formal saja , kebaya payet juga jangan lupa untuk selalu di tata rapi , dirawat dan dicuci agar tetap terja dan tetap bersih sempurna.



Berikut ini adalah beberapa tips mencuci kebaya Sendiri Agar Tidak Rusak, diantaranya yaitu:

1. Tips mencuci kebaya yang pertama adalah jangan mencuci kebaya dengan mesin cuci karena kebaya bisa langsung rusak dikarenakan bahannya yang bisa dengan mudah rusak jika sembarangan dimasukkan di dalam mesin cuci.

2. Tips mencuci kebaya yang kedua adalah jangan menggunakan sikat cuci saat mencuci kain kebaya, sebaiknya hati-hati jika ingin mencuci sendiri terutama kebaya dengan bahan broklat maupun yang dihiasi bordir dan payet. Jika ada noda yang tertinggal atau susah dibersihkan bisa menggunakan sikat gigi yang kecil atau jari tangan untuk membersihkan nodanya dengan hati-hatiagar tidak merusak kain kebaya maupun hiasanya. Kita bisa cukup dengan hanya merendam kebaya di dalam air diterjen saja selama beberapa menit, sekitar 8 sampai 10 menitan, kemudian bilas dengan air bersih dan langsung dijemur ditempat yang sejuk dan teduh, hindari panas matahari langsung. Tidak perlu untuk memakai pelembut pakaian karena dapat merusak serat dari pada kain kebaya itu sendiri.

3. Tips mencuci kebaya yang berikutnya, jika sekiranya mencuci kebaya sendiri terlalu sulit, sebaiknya bisa menggunakan jasa laundry yang sudah berpengalaman dan juga menggunakan mesin dry cleaning agar nanti terjaga hasilnya tetap bagus.

4. Jika tidak terlalu kotor, bisa saja untuk mencuci kebaya setelah 3 atau 4 kali pemakaian saja, agar baju kebaya tidak mudah rusak, terutama yang terbuat dari bahan kain sutra. Cukup dijemur saja ditempat yang redup dan sejuk (diangin – anginkan), tanpa perlu dicuci dahulu. Kemudian simpan di tempat yang kering dan diberi pewangi lemari pakaian atau kapur barus agar kebaya tidak rusak oleh hewan ngengat.

Karena kebaya kainnya bersifat mudah rapuh , maka simpanlah dalam lemari dan jangan sampai di lipat. Gunakan gantungan baju saja kemudian gantungkan didalam rak lemari supaya ketika hendak memakainya anda tak khawatir lagi dengan kerapiannya.