Friday, May 4, 2018

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Aku merasa baru kemarin melewati tahun baru bersama teman-temanku tapi tak terasa hari berjalan begitu cepat. Bulan Ramadhan tidak terasa sudah didepan mata namun terkadang kita merasa kurang percaya diri jika berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan bau mulut yang tidak enak selama berpuasa. Bau mulut terjadi antaranya disebabkan karena bakteri yang menghasilkan gas sulfur dan tidak memproduksi gas savila. Produksi saliva berkurang disebabkan kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Jika kekurangan saliva, maka sel-sel di dalam mulut banyak yang mati.Salah satu hal yang selalu terjadi ketika bulan puasa adalah bau mulut. Entah kamu pernah mengalainya sendiri atau ada orang dekat kamu yang mengalaminya. Bau mulut ketika puasa adalah hal yang wajar. Karena saat puasa, produksi saliva di dalam mulut berkurang sehingga bakteri tumbuh lebih cepat dari biasanya. Bakteri inilah yang membuat bau tidak sedap.


Penelitian menunjukkan 85-90% penyebab bau mulut disebabkan adanya kelainan rongga mulut, baik karies gigi maupun infeksi jaringan penyangga gigi. Selain itu, sisa makanan yang tertinggal di mulut dapat menyebabkan bau mulut. Ada ratusan spesies bakteri tinggal di mulut kita,dan sebagian besar dari mereka mencerna protein sehingga menghasilkan senyawa yang mengandung belerang atau sulfur yang mudah menguap dan menimbulkan bau mulut.

Berikut Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa  :

1. Banyak minum air saat sahur

Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minum lah sedikitnya, 2-3 gelas air putih. Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Saat waktunya berbuka puasa, juga jangan lupa minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Hindari makanan-makanan yang bau

Bawang, petai, jengkol dan durian makanan tersebut harus dihindari. Serta Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut. Selain itu juga rokok memperburuk kebersihan mulut selain itu rokok menimbulkan aroma yang tidak sedap .

3. Tetap lakukan sikat gigi

Lalukan sikat gigi seperti biasanya dua kali sehari. Utamakan sikat gigi dan lidah setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.

4. Gunakan obat kumur

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

5.Olahraga

Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh ketika beraktivitas dan berolahraga adalah salah satu saluran untuk membuang racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Dengan berkeringat, kemungkinan muncul bau mulut semakin kecil. Olahraga ketika puasa pun bukan merupakan kegiatan yang akan mengganggu puasa kamu. Ketika puasa, sebaiknya kamu berolahraga sore hari menjelang buka puasa agar tubuh kamu tidak terlalu lama kehilangan cairan.

Nah, tidak sulit ternyata untuk menghilangkan bau mulut ketika puasa. Hal ini bisa mulai kamu lakukan rutin setiap hari dan membagikan tips ini kepada teman-teman kamu agar kamu dan orang disekitarmu tidak terganggu dengan bau tak sedap ini.