Thursday, June 7, 2018

Pengalaman Naik Kereta Murah Yogyakarta- Solobalapan

Beberapa hari yang lalu pengen banget travelling ke Solo tapi menginggat lagi puasa dan cuaca yang sangat panas jadi malas jika harus berkendara sendiri. Apalagi aku gak begitu hafal daerah Solo akhirnya aku putuskan naik transportasi umum saja. Kalau naik bus aku sudah biasa nah kali ini aku ingin coba naik kereta api, apalagi kata temenku naik kereta api Yogykarta - Solo hanya Rp 8.000 saja. Awalnya aku gak percaya karena pas aku lihat di tarvelloka harga minimal tiket kereta api Yogyakarta - Solo Rp 50.000. Daripada aku penasaran ya sudahlah langsung datang ke stasiun Lempuyangan buat beli tiket, beli tiket kereta api Pramex Yogyakarta- Solobalapan serius hanya Rp 8.000 saja.

Pas lagi nunggu kereta datang aku terus bertanya-tanya dalam hati seperti apa penampakan kereta yang harga tiketnya bisa dibilang sangat murah ini. Sekitar 20 menit sebelum jadwal keberangkatan, kereta api siap dan penumpang sudah diminta masuk gerbong.akhirnya datang juga kereta api prameks.. terlihat logo kementerian perhubungan di depan.. melakukan pengereman dan terlihat sesosok rangkaian K3 0 12 dengan kaca yang tertutup oleh liverynya yang ramai.. langsung deh begitu pintu dibuka masuk saja.. di kereta belakang tempat duduk terlihat penuh.. oleh petugas pun diarahkan untuk menuju kereta depan karena masih selo.. baiklah sambil liat liat interiornya yang tertulis pula “joglosemar”.. nah jam 10.51 kereta mulai bergerak meninggalkan stasiun Lempuyangan, cukup halus meski masih terasa sedikit hentakan.ternyata begini interior kereta prameks.. kursi 2-2 berhadapan ala kereta ekonomi non pso.. bedanya adalah jarak antar pintu yang cukup dekat, tersedia pula pegangan tangan seperti di krl jabodetabek dan transjakarta untuk mengakomodasi penumpang berdiri karena tak mendapat kursi ya bisa dimaklumi saat peak season pasti kereta ini cukup penuh.. apalagi sekarang prameks bisa dipesan dari H-7 keberangkatan.

Kereta melaju cukup halus dan kecepatan di gps ulysse sempat menunjukkan angka 70 kilometer per jam yang pasti AC nya cukup dingin. Dari Lempuyangan  hingga solo balapan kereta dijadwalkan berhenti di stasiun Maguwo, Klaten dan Purwosari.Nah berhubung aku ini gak punya tujuan yang jelas akhirnya aku memutuskan untuk turun di purwosari saja.. baiklah.. cukup menikmati perjalanan mengingat ini adalah pertama kalinya naik kereta. Maklum kalo ke jawa timur biasanya naik Eka atau  Sumer , belum kesampaian naik Sancaka sih.. nah yang patut diacungi jempol adalah pengereman kereta prameks yang alus banget.

Akhirnya sekitar jam 12.52 kereta sudah memasuki stasiun purwosari dan saya pun turun dari prameks.. pengalaman pertama yang menyenangkan.. mungkin lain kali boleh dijadikan alternatif kalo mau ke solo dan males bawa kendaraan sendiri, cukup dengan 8 ribu rupiah dapat angkutan yang cukup layak, nyaman dan tentunya bebas macet. Hanya saja kalo di peak season pasti suasananya akan berbeda karena kereta pasti penuh.. oiya, mungkin bagi sebagian orang jadwal kereta prameks juga kurang bersahabat.. tapi adanya prameks yang terintegrasi dengan bandara adisucipto dan trans jogja telah membantu banyak orang,selanjutnya memang perlu angkutan umum yang layak dan terjangkau jika memang program pemerintah adalah untuk mengurangi tingkat kemacetan.