Friday, June 29, 2018

Saham Blue Chip Menjadi Pilihan Aman Buat Investor Pemula

Buat yang sudah baca postingan artikel aku yang kemarin terimakasih dan ada yang email nanyain soal apa itu saham blue chip?. Iya..diartikel aku sebelumnya memang sempat sedikit menyinggung mengenai saham blue chip. Aku sendiri untuk investasi jangka panjang lebih memilih saham blue chip ini karena resikonya lebih kecil maklum ya baru pemula he he. Tetapi ada beberapa saham yang aku beli bukan kategori saham blue chip kalau yang ini atas rekomendasi dari mentorku karena beliau yang menganalis lebih detail ha ha. Mempatkan dana di pasar saham menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi. Seorang investor yang berpengalaman bisa meraup keuntungan dari puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung berapa uang yang kalian tanam kalau aku baru pemula jadi sedikit demi sedikitlah ya mengumpulkannya. Menjalankan investasi di pasar saham memang dapat mendatangkan banyak uang.


Okey..yang sudah penasaran apa itu saham blue chip ini penjelasannya ya. Saham blue chips atau Saham Lapis Satu merupakan jenis saham dengan kapitalisasi pasar tertinggi di atas Rp10 triliun. Perusahaan yang sahamnya masuk kategori ini memiliki reputasi ditinjau dari sisi fundamental ( sesuai training yang aku sebutkan kemarin aku baru ikut ke tahap fundamental ) . Saham blue chip memiliki banyak sekali keuntungan dan tentunya lebih aman, aman disini versi aku sebagai pemain baru. Dana investor pemula akan lebih aman di saham blue chips ketimbang saham-saham lainnya. Sementara investor yang sudah kenyang dengan pengalaman, biasanya bermain lebih fleksibel dengan membeli saham blue chips dan saham second liner (Lapis Dua). Risiko berinvestasi di saham blue chips terbilang minim. Walaupun begitu, harganya mahal dan perlu modal besar untuk memulai investasi.

Walaupun berinvestasi di saham blue chip ini memiliki banyak keuntungan namun juga tidak menutup kemungkinan atas kerugian.Karena bila memang selalu dan pasti memberikan keuntungan, tidak akan ada investor yang akan berinvestasi di saham perusahaan kecil atau Saham Lapis Tiga. Yang akibatnya perusahaan kecil menjadi sulit untuk berkembang dan mustahil untuk masuk menjadi saham blue chips.

Dalam bursa saham, setiap saham perusahaan memiliki potensi untuk memberikan keuntungan kepada pemiliknya. Bukan tidak mungkin Saham Lapis Tiga lebih banyak menyumbangkan keuntungan daripada saham blue chips.

Meskipun begitu, banyak investor yang sudah berpengalaman dan manajer investasi yang menyarankan kepada investor pemula untuk mulai berinvestasi di saham blue chips saja. Kenapa? Saham blue chips biasanya memiliki nilai saham yang lebih stabil. Selain itu, risikonya cenderung kecil daripada Saham Lapis Dua apalagi Lapis Tiga.

Perlu diperhatikan saat akan berinvestasi di saham blue chips adalah kendala harganya yang biasanya lebih tinggi daripada saham lainnya. Akan dibutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai investasi pada jenis saham ini. Nah...disini bagiku penting banget peran mentor karena sudah berpengalaman semacam sangat hafal dengan siklusnya jadi beliau tau momentum yang tepat kapan saatnya membeli saham blue chip? kapan harus dijual? dan aku sebagai seorang newbie yang fakir ilmu tinggal ngikutin arahan saja namun bukan berarti tidak belajar sama sekali ya. Ya....walaupun kita sudah punya mentor kita tetap harus terus belajar dan jangan malu bertanya biar tidak tersesat dipasar saham. 

Kayaknya sekian dulu ya bahas mengenai saham blue chip, mungkin next time aku akan sebutkan saham-saham apa saja yang termasuk didalamnya. So...buat kalian yang sudah ada keinginan berinvestasi sesegera mungkin mulailah jangan takut untuk berinvestasi.