Wednesday, July 11, 2018

( Hoax ) Uji Kandungan Merkuri Dalam Kosmetik Dengan Cara Digosok Emas

Tags

Beberapa waktu lalu sempat lihat salah satu olshop yang posting tentang uji bebas merkuri cream yang dia jual dengan cara menggosok-gosokkn emas ( dalam hal ini dia pakai cincin), bila menghitam artinya mengandung merkuri. Dan please buat kalian para wanita diluar sana jangan percaya hal itu untuk mengecek kandungan merkuri tidaklah semudah dan sesimple itu. Statement seperti itu Hoax dan Fitnah kandungan merkuri dalam sampel apapun ( termasuk kosmetik ) hanya bisa dideteksi dengan pemeriksan lab dengan alat mercury analyer.



Banyak beredar jika bedak/ cream berubah warna menjadi gelap (abu-abu atau menghitam ), berarti bedak tersebut mengandung merkuri. Dan semakin gelap warnanya, semakin banyak kandungan merkuri dalam bedak/ cream tersebut. Benarkah? jawabannya tetap HOAX.

Kalau bukan karena merkuri, mengapa bedaknya bisa menghitam jika digosok cincin emas ?. Hal itu terjadi karena kandungan sunscreen dalam bedaknya. Bedak yang mengandung titanium dioide atau zinc oxide punya kecenderungan menghitam jika digosok dengan cincin emas. Penyebabnya simple, karena komponen sunscreen bereaksi dengan emas.

Partikel emas dapat diserap oleh titanium dioide atau zinc oxide, kekuatan penyerapannya tergantung oleh PH dan kondisi lainnya Reaksi antara emas dan sunscreen ini dapat menyebabkan alergi (contact dermatitis ) pada sebagian orang. Gejalanya bisa gatal atau timbul ruam di permukaan kulit yang terkena sunscreen dan perhiasaan emas.

Jadi jangan sampai salah lagi ya ladies, uji merkuri hanya bisa melalui uji laboratorium, pilih skincare yang telah berBPOM itu adalah jalan keluar agar kulit kalian tetap aman dan bebas merkuri.