Tuesday, July 31, 2018

Keuntungan Pakai Kartu Debit BNI Dengan Logo GPN

Tags

Hai..gaes lama ya kayaknya aku gak nulis he he, akhir-akhir ini memang lagi banyak urusan jadi belum sempet nulis. Tadi pagi aku ke bank BNI rencana mau ganti kartu Atmku ke yang ada chipnya. Beberapa bulan lalu bank Bri lagi marak bangetkan ya uang di ATm tiba-tiba hilang dan akhirnya nasabah diharuskan melakukan penggantian kartu ATM yang ada chipnya. Jadi berhubung yang BRI udah selagi aku senggang sekalian saja aku ganti yang BNI. Aku pikir tanggal tua bakal agak longgaran bank tapi ternyata malah kebalikannya customer service antri padahal aku sudah berangkat pagi tapi tetap harus antri cukup panjang, kebetulan dapat no antrian ke 7. Berhubung aku warga negara Indonesia yang baik jadi harus sabar mengantri ha ha.



Setelah sekian jam akhirnya sampailah aku didepan customer service dan ketika aku menyampaikan niatku untuk ganti kartu ATM yang ada chipnya si mbaknya langsung dech nawarain produk baru yang katanya baru luncur hari sabtu kemarin. Sebenarnya produk baru ini aku sudah pernah baca beritanya sich he he.Dengan diluncurkannya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada Desember 2017, PT BNI (Persero) Tbk menjadi bank pertama yang menggunakan logo GPN tersebut. Hanya saja untuk sosialisasi dan pelaksanaanya baru bulan-bulan ini kayaknya karena masih free he he. Okey..aku akan share ke kalian apa sich keuntungan pakai debit BNI berlogo GPN ini, kalau dari penjelasan csnya biayanya lebih murah, transaksi sesama BNI bisa sampai 100 juta sedangkan beda bank 50 juta tapi kelemahannya ini hanya bisa digunakan dalam negri saja jadi jika kalian sering berpergian ke Luar Negri pakai yang ada master cardnya saja. 

Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem yang memadukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung. Artinya, jika selama ini membayar dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka jenis kartu debit apapun bisa digesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank. Nah..ini cocok banget buat aku yang jarang banget bawa uang cas kalau belanja dan semacamnya, aku lebih suka pakai kartu debit. Tetapi kadang pihak toko atau rumah makan tak memiliki EDC yang sesuai punya jadi dengan adanya ini EDC bank manapun tetap bisa kita gunakan.
Biaya transaksi nontunai kartu debit ini bukan dikenakan kepada konsumen/pembeli, tapi kepada pedagang, dan tarifnya menjadi lebih murah. 

Begitu juga bila nasabah melakukan transaksi transfer antar bank juga akan diuntungkan. Tentu tidak asing lagi bila transfer sesama bank sudah pasti tidak ada biaya yang dikenakan. Namun jika transfer dengan bank yang berbeda, pasti akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Dengan adanya GPN ini, maka biaya transfer beda bank jadi lebih murah. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh nasabah bank dalam melakukan berbagai transaksi nontunai. Selain mudah dan praktis, juga bisa mendapatkan efisiensi. Terlebih lagi dengan adanya sistem pemrosesan transaksi nontunai dari dalam negeri seperti GPN ini. Maka jangan ragu lagi dan nikmati kemudahan serta keuntungan transaksi nontunai dengan kartu debit.

Kesimpulan:

Positif :
  • Kartu logo GPN ini lebih murah
  • Transaksi antar bank di Indonesia jauh lebih mudah
  • Serta aman baik untuk transaksi offline maupun online
  • Bisa digesekkan pada semua mesin EDC
Negatif:
  • Hanya bisa digunakan didalam negri