Thursday, January 24, 2019

Penting Menggunakan Sunscreen

Tags

Bisa nggak sih aku pakai moisturizer dengan SPF sebagai pengganti sunscreen?

Jawabannya tentu bisa. Semua produk patuh regulasi yang memiliki label SPF pada kemasannya sudah melewati uji laboratorium dan membuktikan bahwa dia mempunyai efek tabir surya. Walaupun masing-masing negara seringkali memiliki metode uji yang sedikiiit berbeda, mereka tetap menggunakan standar 2mg produk, apapun bentuknya, untuk melapisi 1 cm2 daerah uji. Oleh karena itu, secara teoritis semua produk yang memiliki label sunscreen (ditandai dengan angka SPF) bisa digunakan sebagai tabir surya. Sayangnya, kenyataannya tidak semudah itu.


Rata-rata luas wajah dan leher manusia adalah 557.418 cm2 dan ini berarti kamu membutuhkan 1,114 gram atau 1/4 sendok teh produk berlabel tabir surya untuk mencapai perlindungan yang sesuai label.
Sebagai gambaran, 1 tube kecil Garnier White complete day cream berisi 20 ml produk. Jika kamu menggunakan dosis yang tepat, 1 tube ini akan habis pada hari ke 18 KALAU KAMU PAKAI PRODUKNYA SEHARI SEKALI. Cushion pada umumnya memiliki isi sebanyak 15 gram, dan jika digunakan sebagai sunscreen maka dalam 13 hari cushion ini seharusnya sudah habis dipakai, LAGI-LAGI JIKA DIPAKAI SEHARI SEKALI. Bagaimana dengan reapplication yang merupakan suatu kewajiban?

Intinya, kalau kamu mau gunakan produk non sunscreen khusus, gunakanlah ia sesuai dosis sunscreen dan jangan lupa reapply. Mau mengeluh karena kebanyakan, boros, mahal, lengket, keputihan, dempulan, dll, dst, dsb? Maap, itu bukan urusan saya. Tugas saya hanyalah menyampaikan informasi.