Sunday, September 4, 2016

Review Sampo Natur Hitam,Penyelamat Rambut Rontok

[Review]Sampo Natur Hitam,Penyelamat Rambut Rontok - Beberapa bulan ini aku lagi ngalamin yang namanya rambut rontok,sebelumnya emang pernah rontok tapi kali ini rambut rontoknya overload. Saking banyaknya rambut yang rontok tiap pagi ,keramas dan saat disisr aku dikira sakit oleh orang-orang terdekat.




Sudah berbagai macam sampo aku coba. Dari merk A sampai Z, belum juga ada yang cocok dengan rambutku. Sampai suatu hari (ceileh!), aku baca-baca mengenai kandungan yang ada di sampo. Salah satunya adalah sodium lauryl sulfate (SLS), yaitu salah satu macam sulfate. Nah, ada beberapa studi yang mengatakan bahwa SLS ini adalah salah satu pemicu kerontokan rambut karena dapat merusak akar rambut. Padahal, tahu sendiri kalau hampir semua sampo yang beredar mengandung SLS. Tapi, syukurlah tidak semua sampo memiliki kandungan SLS, salah satunya adalah Natur. Ada sih, dari The Body Shop. Tapi, ya gitu deeeeeh.. Harganya nggak masuk kantong #uhuk

Tadinya, aku agak ragu-ragu untuk mencoba Natur karena kemasannya kurang meyakinkan sebagai sesosok sampo #halah. Mungkin karena kemasannya termasuk sangat sederhana dibandingkan dengan kemasan sampo merk lainnya. Tapi, demi rambut yang sehat, nggak ada salahnya dicoba karena harganya pun sangat bersahabat di kantong, sekitar Rp 24.000,00/140 ml.

Natur memiliki beberapa varian dan yang kupilih adalah varian yang mengandung ekstrak ginseng dan berfungsi untuk mencegah kerontokan dan menguatkan akar rambut. Ukuran 140 ml merupakan ukuran yang paling besar. Sayang sekali karena aku termasuk orang yang boros dalam memakai sampo. Tapi, dengan ukuran 140 ml, ukuran tersebut sangat menguntungkan bagi yang suka bepergian.

Botolnya terbuat dari plastik dan terlihat murah. Ya, memang murah sih.Bahan plastiknya termasuk plastik yang ringkih karena pernah sekali terjatuh dan tutupnya langsung patah.

Dilihat dari komposisi yang tercantum di kemasan, Natur tidak mengandung SLS .Ada yang bilang, apabila sampo tidak mengandung SLS, maka busa yang dihasilkan pun sedikit, bahkan seringkali tidak menghasilkan busa. Pengalamanku memakai Natur selama kurang lebih 1 tahun ini memang Natur tidak menghasilkan busa yang banyak seperti sampo lainnya. Tapi, bagiku nggak terlalu masalah karena busanya masih cukup untuk digunakan mencuci rambut.

Bagaimana Hasilnya?

Awal-awal pemakaian, rambutku terasa sangat kaku, mengembang, berketombe, dan sulit diatur. Konon katanya, hal itu normal terjadi karena sebelumnya, rambut sudah terbiasa di-PHP-in . Seperti, rambut terlihat berkilau, padahal itu karena kandungan silikon yang ada di sampo, bukan karena rambut benar-benar sehat. Dan konon katanya pula, ketombe yang muncul di awal pemakaian merupakan hasil pembersihan dari silikon yang mengendap di kulit kepala. Aku kurang tahu benar tidaknya, tapi mengerikan juga ada kandungan yang bisa mengendap di kulit kepala.

Rasa kaku, mengembang, dan sulit diatur hilang setelah aku juga memakai kondisioner dari Natur. Sedangkan ketombe baru hilang setelah kurang lebih 1 bulan pemakaian.

Apakah benar dapat mengurangi kerontokan? Yap! Sejak memakai sampo Natur, rambut rontokku sangat sangat berkurang, bahkan aku sudah berani memanjangkan rambut kembali.

Bagaimana untuk rambut yang diwarnai? Sejauh aku mewarnai rambut dan tetap menggunakan Natur, rambutku nggak mengalami hal yang aneh-aneh. Warna cat rambut tetap tahan lama. Ya, walaupun mungkin warna cat rambut akan lebih tahan lama ketika memakai sampo khusus rambut yang diwarnai.Warna cat rambutku masih tetap eksis dan rambutku bisa sepanjang ini dengan tingkat kerontokan yang jauh sangat berkurang dibandingkan dulu.

Karena Natur memiliki banyak varian, maka belum tentu semua varian dapat cocok dengan rambut kita. Karena aku pernah memakai varian yang Moringa Oleifora, rambutku malah jadi tambah rontok. Jadi, kalau ingin mencoba Natur, harus sabar dalam menentukan varian mana yang cocok di rambut kamu. Jadi, ada peribahasa baru, yaitu "sabar pangkal rambut sehat".

Selamat mencoba dear,