Tuesday, May 30, 2017

Bunga Pagoda, Tanaman Herbal Mujarab Penambah Hemoglobin

Tags

Bunga Pagoda, Tanaman Herbal Mujarab Penambah Hemoglobin  - Sekitar 7 tahun lalu bapakku mengalami sakit yang mengharuskannya harus tranfusi darah. Berawal dari sakit Ambeien yang terus menerus mengeluarkan darah sehingga menyebabkan kondisi drop, wajah pucat bahkan untuk bangun dari tempat tidurpun sudah tidak kuat lagi. Setelah periksa ke dokter ternyata Hb bapak sangat rendah dibawah normal yang mengharuskannya untuk opname dan dilakukan transfusi darah minimal 5 kantong.

Bunga Pagoda, Tanaman Herbal

Pihak keluarga sudah setuju dengan saran dokter tersebut untuk opname, tapi karena bapakku tipe yang sangat keras kepala menolak untuk dilakukan tindakan medis lebih lanjut dan memilih pulang kerumah. Sampai dirumahpun kondisi makin ngedrop walaupun sudah dipaksa makan dan minum obat. Tidak tahan dengan situasi itu aku mencoba mencari tahu obat herbal yang bisa meningkatkan Hemoglobin dengan cepat. Akhirnya aku nemuin obat herbal yang bisa membantu meningkatkan HB yaitu tanaman bunga pagoda.

Bunga pagoda (Clerodendrum japonicum Sweet) merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Atau sebagai peneduh di tepi jalan dan pagar rumah. Diberi nama bunga pagoda karena bunganya yang berumpun membentuk seperti pagoda atau piramid. Jaman aku sd sich disekitar rumahku banyak banget yang nanem bunga ini, tapi kemarin waktu aku nyari buat obat susah banget udah mulai langka. Padahal tanaman ini banyak banget manfaatnya mulai dari akar, batang, daun dan bunga semua bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kalian bisa seching aja di google maanfaat bunga pagoda ini karena disini aku hanya akan menjelaskan manfaat dari bunga pagoda yang sangat membantu meningkatkan HB bapakku. Nah..untuk meningkatkan Hb yang digunakan hanya akarnya saja ya.

Aku hanya berbagi pengalamanku selama bapakku sakit waktu itu hanya minum air rebusan dari akar bunga pagoda. Akar bunga pagoda sifat dingin dan rasanya pahit. Khasiatnya selain dapat meningkatkan Hb juga sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, dan menghancurkan darah beku. Akar bunga pagoda ini biasa digunakan bila mengobati beberapa penyakit seperti sakit pinggang (lumbago), nyeri pada rematik, tuberkulosis paru (TB paru) disertai batuk darah, wasir berdarah (hemoroid), berak darah (disentri), susah tidur (insomnia), dan bengkak (memar) akibat terbentur benda keras.

Cara Konsumsi Bunga Pagoda

Untuk Meningkatkan Hemoglobin, jemur akar bunga pagoda sampai kering setelah itu jika ingin dikonsumsi ambil secukupnya akar bunga pagoda kemudian rebus dengan air 3 gelas sisakan setengah gelas ,saring kemudian diminum rutin pagi dan sore hari. Alhamdulillah setelah 4 hari bapak konsumsi secara rutin sudah mulai membaik sampai hari ke tujuh kita coba cek kedokter dan dokter menyatakan Hb sudah normal dan tidak perlu transfusi darah lagi.

Obat herbal ini sifatnya hanya sementara ya gaes jadi jika memang kondisi tidak memungkinkan wajib dilakukan transfusi darah demi kesehatan sipenderita. Selagi sehat jaga selalu kesehatan dan pola makan ya gaes, kesehatan itu mahal harganya.