Thursday, June 8, 2017

Tips Merawat Rambut Setelah Dismoothing

Tips Merawat Rambut Setelah Dismoothing - Tiga bulan lalu aku habis smoothing rambut di salon langgananku, sebenarnya rambutku sudah masuk kategori lurus sich cuma gak begitu teratur aja. Memiliki rambut yang lurus dan lembut pasti jadi impian banyak wanita, tetapi ada biaya yang harus dikelurkan untuk itu semua. Smoothing merupakan salah satu perawatan rambut yang banyak digandrungi oleh kaum wanita. Secara sederhana pengertian smoothing adalah teknik meluruskan rambut. Bagi Sista yang memiliki rambut ikal bahkan keriting ingin rambut Sista menjadi lurus dan lembut dapat terwujud dengan cara melakukan smoothing. Smoothing yang dilakukan di salon biasanya dengan bantuan obat-obat kimia. Biaya melakukan smoothing di salon-salon tidaklah murah. Setelah melakukan smoothing rambut akan terlihat lurus serta lembut alami dan natural.


Namun, menurut pengalaman aku yang pernah melakukan smoothing bahwa hasil smothing tidak bertahan lama. Rambutku smoothing yang pertama hanya bertahan selama satu tahun saja. Selain itu banyak wanita yang setelah melakukan smoothing mengeluh karena rambut mereka menjadi rusak. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan smoothing agar biaya mahal yang kita keluarkan untuk smoothing tidak terbuang sia-sia. 

Berikut tips merawat rambut smoothing agar tahan lama dan tetap lurus ala aku :

Gunakan Conditioner

Setelah keramas sebaiknya gunakan conditioner. Hal itu dilakukan bertujuan untuk menjaga kelembutan rambut. Gunakan conditioner sebaiknya jangan sampai keakar rambut karena hal itu dapat menyebabkan rambut berketombe, gatal, dan mudah lepek. Mengolesi conditioner pada bagian batang rambut saja merupakan salah satu tips merawat rambut smoothing agar tetap lurus dan lembut.

Hindari Menggunakan Hairdryer

Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer akan merusak rambut karena suhu yang tinggi akan membuat rambut menjadi kering. Rambut tidak pernah dismoothing saja bisa rusak bila dikeringkan dengan hairdryer, sama seperti halnya rambut yang pernah dismoothing. Cara mengeringkan rambut yang tepat adalah menggunakan handuk dengan ditekan perlahan dan jangan digesek-gesek ke rambut. Sebaiknya jangan sisir rambut sebelum rambut kering. Biarkan rambut kering sendiri karena terkena angin merupakan cara merawat rambut smoothing tetap lurus dan lembut.

Jangan Terlalu Sering Mengikat dan Menggulung Rambut

Bekas karet setelah Sista mengikat dan menggulung rambut dapat menyebabkan rambut Sista bergelombang, mengembang, dan ikal. Cara merawat rambut smoothing adalah sebaiknya hindari kebiasaan terlalu sering mengikat dan menggulung rambut. Biarkan rambut Sista terurai agar rambut yang telah di smoothing sempurna tetap lurus dan lembut. So, Sista tidak sia-sia melakukan smoothing dengan biaya yang mahal.

Hindari Mencatok Rambut Terlalu Sering

Mencatok rambut memang perlu dilakukan setelah perawatan smoothing rambut. Namun, hanya sesekali jangan terlalu sering. Terlalu sering mencatok rambut menyebabkan rambut kering. Rambut menjadi kering karena proses mencatok rambut menggunakan energi listrik memanfaatkan energi panas. Panas yang digunakan menyebabkan rambut kehilangan kelembapan aslinya dan lama-lama mengakibatkan rambut menjadi kering, kasar dan kusam. Maka cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus dan lembut adalah menghindari mencatok rambut terlalu sering.

Jangan Mewarnai Rambut

Setelah melakukan smoothing, cara merawat rambut smoothing agar tetap sehat adalah sebaiknya biarkan rambut Sista beristirahat dari bahan kimia. Saat melakukan smoothing sudah banyak bahan kimian yang digunakan. Semakin banyak bahan kimia yang digunakan cara menumbuhkan rambut akan merusak rambutm sehingga rambut menjadi bercabang, rapuh, dan mudah patah. Jadi, bila Sista ingin mewarnai atau mencat rambut sebaiknya tunggulah beberapa bulan. Paling sedikit 3 bulan setelah di smoothing baru bisa dicat atau diwarnai sesuai selera Sista. Hal ini bertujuan agar rambut lurus dan lembut efek smoothing yang Sista lakukan bertahan lama dan awet. Aku sendiri punya pengalaman buruk mengenai warna rambut mungkin akan aku share dilain waktu ya gaes.

Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering melakukan keramas mengakibatkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Sebenarnya rambut mengeluarkan minyak alami sendiri untuk menjaga kelembapan. Semakin sering keramas minyak alami itu akan berkurang dan mengakibatkan rambut kering dan kusam. Sebaiknya keramaslah minimum 3 hari sekali. Akan tetapi terlalu lama tidak keramas juga tidak baik. Hal itu akan menyebabkan rambut lepek, bau, berketombe karena produksi minyak rambut alami berlebihan.

Gunakan masker rambut

Memakai masker rambut bertujuan memberikan nutrisi serta vitamin pada rambut. Hal itu dilakukan agar rambut tetap lembab, tidak rontok, tidak rusak dan sehat. Selain itu, menggunakan masker rambut bertujuan meminimalkan efek negatif dari bahan-bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut ketika melakukan smoothing. Dalam memilih masker rambut sebaiknya gunakan bahan-bahan alami jangan gunakan lagi bahan kimia. Bahan kimia akan merusak rambut kalian, gunakanlah masker-masker dengan bahan alamai seperti lidah buaya atau alpukat.

Nah..demikian beberapa tips yang bisa aku share pada kalian untuk menjaga kelurusan dan kelembutan rambut setelah melakukan smoothing. Karena rambut adalah mahkota wanita jadi rawat sebaik mungkin ya gaes. Foto diatas merupakan foto hasil smoothing rambutku naman smoothingnya Hohoniko jepang.