Sunday, August 20, 2017

Terlalu Sering Konsumsi Gorengan Bisa Menganggu Kesehatan

Terlalu Sering Konsumsi Gorengan Bisa Menganggu Kesehatan - Apa kalian sama kayak aku suka yang namanya makan gorengan ? siapa sich yang gak kenal ama jajanan yang satu ini ?. Dulu aku hampir tiap hari makan yang namana gorengan beli Rp 5000 sudah dapat sekresek dan bermacam-macam gorengan. Tapi ternyata si gorengan ini malah bikin muka aku sering berjerawat karena terlalu sering konsumsi.


Jajanan murah yang bisa mengganjal perut serta dapat ditemui dimanapun, itulah gorengan. Jenisnya pun bermacam-macam mulai bakwan, mendoan, martabak, dan yang lain-lainnya. Jajanan yang satu ini juga bisa disebut sebagai makanan merakyat selain mie instan, karena berharga murah dan bisa ditemui dimanapun jua. Tapi tahukah Anda dibalik semua nilai positif gorengan ada nilai negatifnya, ternyata terdapat bahaya makan gorengan setiap hari bagi penikmatnya.

Apalagi jaman sekarang ketika jajanan gorengan sudah dimanfaatkan untuk meraih keuntungan bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, salah satunya dengan mencampur minyak untuk menggoreng dengan plastik atau lilin agar gorengan terlihat menarik dan tidak cepat mengerut. Bisa Anda bayangkan sudah terdapat efek makan gorengan malah ditambah pula dengan dampak makan gorengan yang mengandung plastik. Hasilnya sudah jatuh masih tertimpa tangga pula.

Akibat Sering Makan Gorengan

Lalu apa sajakah kiranya akibat sering makan gorengan setiap hari? Sudah pasti akibat makan gorengan setiap hari akan berhubungan dengan kesehatan tubuh. Efek makan gorengan setiap hati tersebut akan mengakibatkan beberapa penyakit kronis menyerang kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa akibat sering makan gorengan setiap hari, diantaranya adalah :

Mengakibatkan Penyakit Diabetes

Ketika kita makan gorengan, tanpa sadar kita telah menambah kalori dalam jumlah yang banyak. Seperti yang dilansir para ahli, bahwa gorengan itu mengandung 175 kalori. Sekarang coba bayangkan bila Anda memakan gorengan setiap harinya. Berapa banyak kalori yang ada dalam tubuh Anda, padahal kalori sendiri adalah salah satu penyebab penyakit kronis diabetes.
Mengakibatkan Naiknya Kolesterol Tubuh

Minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan, biasanya itu untuk berulang-ulang dan tidak sekali pakai. Ini tentulah sangat tidak baik, karena minyak bekas gorengan yang berulang-ulang dipakai akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit kolesterol tinggi.

Mengakibatkan Timbulnya Jerawat Wajah

Gorengan itu mengandung lemak minyak yang terlalu banyak. Saat kita sering mengkonsumsi gorengan, maka lemak minyak akan meningkat. Hal tersebut akan dikeluarkan lewat pori-pori kulit diwajah yang berpotensi timbulnya jerawat. Itulah mengapa banyak orang mengatakan bahwa gorengan termasuk dalam makanan penyebab timbulnya jerawat.

Mengakibatkan Penyakit Kanker

Efek makan gorengan tiap hari berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh wadah gorengan yang tidak bersih dan biasanya hanya berupa koran bekas dengan sisa-sisa minyak penggorengan. Tanpa Anda sadari koran mengandung senyawa kimia yang apabila menempel pada gorengan dan masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit kanker berbahaya.

Mengakibatkan Hipertensi

Kolesterol yang menumpuk dalam tubuh terkadang bisa mengakibatkan terganggunya fungsi aliran darah dalam tubuh. Akibat makan gorengan yang terlalu keseringan dapat mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh aliran darah tubuh yang tidak teratur. Itulah sebabnya akan lebih baik Anda makan sewajarnya makanan gorengan yang sehat.

Mengakibatkan Penyakit Jantung

Ini merupakan akibat makan gorengan setiap hari dari lanjutan masalah hipertensi diatas. Ketika aliran darah tidak teratur tentunya jantung sebagai organ pusat aliran darah juga akan mengalami gangguan. Jika dibiarkan, lama kelamaan akan mengakibatkan penyakit jantung.

Mengakibatkan Radang Tenggorokan

Gorengan mengandung minyak yang apabila kita makan terlalu sering akan mengakibatkan tenggorokan menjadi kering. Bahaya dari hal tersebut pun bisa bermacam-macam mulai dari hanya batuk, radang tenggorokan, hingga paling parah infeksi saluran tenggorokan. Itulah mengapa jangan lupa minum air putih setelah makan gorengan.

Demikianlah kiranya akibat sering makan gorengan setiap hari. Informasi yang saya sampaikan diatas bukanlah berniat untuk melarang Anda makan gorengan, tetapi hanya memberitahukan kepada Anda bahwa terdapat efek makan gorengan. Kiranya dengan informasi diatas akan merubah Anda untuk makan gorengan sewajarnya saja tidak berlebihan. Untuk lebih mencegah hal diatas terjadi, Anda bisa menyimak tips membeli gorengan yang baik dan sehat sehingga terbebas dari ancaman penyakit akibat gorengan diatas.