Wednesday, December 13, 2017

Tips Mengatasi Sakit Badan Setelah Olahraga

Sering banget aku mengalami sakit pada otot-otot setelah berolahraga. Memang akhir-akhir ini aku lagi bersemangat melakukan rutin olahraga yang kadang aku lupa kurang pemanasan. Beberapa orang bahkan mengaku sangat sulit untuk bangun tidur atau melakukan aktifitas lainnya gara-gara rasa nyeri pada otot ini. Kebanyakan orang menganggap munculnya rasa sakit pada otot ini disebabkan oleh tubuh yang tidak terbiasa melakukan olahraga. Apakah hal ini benar adanya?


Kondisi yang aku alami sering disebut sebagai nyeri paska olahraga ( karena sebelumnya aku melakukan olahraga sit-up dan push-up ), yang umumnya disebabkan oleh : penimbunan asam laktat berlebihan, kurang pemanasan sebelum olahraga, terlalu berlebihan atau memaksakan tubuh saat berolahraga. Pada umumnya nyeri akan berkurang atau mereda dengan sendirinya. 

Cobalah tips berikut ini untuk mengurangi rasa sakit yang timbul, yaitu : mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh, minum air putih minimal 2 liter perhari, mandi air hangat, berikan waktu tubuh beristirahat minimal 2 hari sebelum melakukan aktivitas kembali. 


Berikut Tips Mengatasi sakit badan setelah olahraga:

Pemanasan

Cobalah untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya, beri jeda agar otot tidak bekerja terlalu keras. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi sakit badan setelah olahraga.

Minum kopi dan camilan

Sebelum olahraga, coba minum kopi untuk meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan risiko nyeri. Kamu juga bisa makan camilan rendah lemak dan berkarbohidrat tinggi dengan kandungan protein di dalamnya sebelum berolahraga.

Minum air putih

Kemudian, jangan malas minum air putih setiap 15 menit sekali demi mencegah dehidrasi dan memasok energi.

Konsumsi karbohidrat dan protein

Usai berolahraga, nikmati camilan dengan kadar karbohidrat tinggi dan protein untuk mengembalikan nutrisi yang hilang.

Kompres

Mendinginkan area yang nyeri akan membantu otot mengeluarkan cairan yang menyamarkan rasa nyeri. Hal yang sama dapat dilakukan dengan memijat dan menggunakan teknik acupressureuntuk meredakan area yang bengkak dan kaku pada otot.

Obat anti-inflamasi

Meminum obat dapat membantu inflamasi (peradangan) pada otot untuk pulih lebih cepat dan meredakan nyeri dalam beberapa waktu. Obat anti-inflamasi yang dapat digunakan antara lain aspirin dan ibuprofen.

Pengobatan topikal

Penggunaan obat topikal seperti balsam dengan cara mengoleskannya di sekitar area yang mengalami nyeri akan memberikan efek relaksasi nyeri, sensasi dingin, dan meningkatkan kadar kalsium, sehingga membantu memperlancar aliran darah dan mempercepat penyembuhan rasa nyeri.

Itulah cara mengatasi sakit badan setelah olahraga yang bisa kita coba. Tapi, hilangnya rasa nyeri bukan berarti otot kamu sudah kembali pulih sepenuhnya lho. Kamu sebaiknya tidak berolahraga yang terlalu berat dalam beberapa hari hingga rasa nyeri hilang.