Wednesday, August 8, 2018

Tips Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare

Tags

Cerita sedikit ya tahun lalu aku sempat berjerawat parah dan sampai akhirnya aku nemuin cream amira acne yang cocok buatku. Alhamdulillah dari bulan Desember 2017 sampai saat ini jerawat sudah gak muncul lagi hanya tinggal 2 bekas hitam sedikit. Nah..karena itu aku pengen pindah paket cream dari yang sebelumnya aku pakai paket amira acne aku mau pindah ke Amira super kinclong dimana kandungan whiteningnya lebih banyak jadi wajah jadi cepet glowingnya. Dimasa perpindahan ini aku awalnya sedikit galau aman apa gak jika langsung pindah walaupun masih produk yang sama, daripada nantinya gimana-gimana akhirnya aku putuskan untuk menetralkan dulu wajahku. Bagaimana caranya ? okey gaes aku akan bahas sedikit tentang cara menentralkan wajah jika ingin ganti skincare ini aku praktekin dari artikel-artikel yang aku baca dan semua kurang lebih caranya hampir sama.


Untuk mengganti skincare, lebih baik memang diberi jeda waktu terlebih dahulu. Sebagai contoh, kita bisa mencoba menurunkan intensitas pemakaian skincare yang lama misalnya dalam 3 hari gunakan sekali sehari atau 2 hari sekali, lalu selanjutnya istirahatkan wajah dengan tidak menggunakan produk skincare yang lama setidaknya selama 3 hari.

Setelah 3 hari off menggunakan skincare lama, kita bisa mulai menggunakan skincare baru. Bila diperlukan, lakukan patch test terlebih dahulu dengan mengaplikasikan skincare baru di bagian belakang telinga atau rahang atau salah satu pipi saja selama 3 hari. Jika tidak ada reaksi negatif, misalnya merah, perih, gatal, atau muncul jerawat, maka bisa menggunakan skincare ke seluruh bagian wajah. Namun jika muncul reaksi negatif, lebih baik tidak melanjutkan penggunakan skincare baru tersebut.

Namun hal tersebut berlaku untuk skincare yang dijual over the counter atau dijual bebas, baik itu di supermarket maupun drugstore. Apabila kita menggunakan skincare dari dokter kulit maupun dokter estetik, sebaiknya  berkonsultasi dahulu dengan dokter yang bersangkutan agar bisa diberikan cara tappering off skincare yang lama sehingga tidak mengalami efek rebound ya.

Sedikit tips buat kalian jika ingin mengganti perawatan wajah adalah dengan rutin menggunakan masker. Namun pastikan kamu menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami. Hal tersebut dikarenakan masker dari bahan alami mampu meregenerasikan kulit wajahmu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perubahan krim dan wajah bisa lebih mudah netral dari produk yang kamu gunakan sebelumnya. Kalau aku pakai masker tomat, alpukat, tepung beras dan kadang-kadang aku pakai madu. 

Nah..buat kamu yang suka malas menggunakan atau membuat masker, bisa dengan mudah menggosokan potongan jeruk nipis pada wajah secara perlahan. Dengan begitu, wajah kamu akan lebih mudah kembali netral dan terbebas dari produk apapun yang pernah kamu gunakan sebelumnya.Demikian pula bila kita menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan aktif misalnya retinoid, aha, bha, atau sulfur, sebaiknya berkonsultasi dnegan dokter jika setelah pemakaian selama beberapa waktu kemudian muncul reaksi pada kulit. Nah..aku selalu konsultasi terlebih dahulu ke seller yang biasanya aku beli cream amira. Pakai produk ini aku lebih nyaman karena sudah ada BPOM nya dan tekstur creamnya ini bener-bener lembut.