Wednesday, December 26, 2018

Langkah Dasar Merawat Wajah Dengan Produk Yang Mudah Didapat

Tahun 2018 akan segera berakhir dan berganti 2019 yap #2019wajahglowing he he. Banyak banget kaum wanita yang negatif thinking ketika mendengarkan kata glowing pasti langsung berpikiran cream bermerkuri dan sebagainya. Padahal untuk mendapatkan wajah yang bersih, bebas jerawat dan glowing itu butuh proses dan gak mesti harus pakai cream bermerkuri. Kalian pasti pernah mendengar istilah CTMP, CTMP yang merupakan langkah-langkah dasar bagaimana cara merawat kulit dengan benar dan menyehatkan kulit dengan memanfaatkan produk-produk yang mudah ditemukan di pasaran. Dan kali ini aku akan bahas mengenai CTMP dan produk-produk yang aku pakai.


Berikut merupakan arti dari singkatan C-T-M-P

Cleansing (pembersihan)

First cleansing: bisa dengan menggunakan micellar water, milk cleanser, oil cleanser, balm cleanser, dsb. Pokoknya pembersih pertama ini fungsinya untuk membersihkan debu, kotoran, makeup, sunscreen, dan lain-lainnya. Nah untuk ini aku pakai milk cleanser dari viva yang bengkoang dan kalau misal aku habis pergi-pergi naik motor seharian atau lagi make up tebal yang pakai foundation dan semacamnya aku pakai baby oil terlebih dahulu baru lanjut ke milk cleanser. 

Double cleansing: bisa dengan menggunakan face wash. Untuk cuci muka sendiri aku pakai facial wash dari amira bpom yang untuk kulit normal.

Toning menggunakan toner

Toner sendiri ada tiga jenis yaitu cleansing toner, acid toner, dan hydrating toner. Umumnya, pada CTMP yang digunakan adalah cleansing toner. Fungsinya untuk membersihkan sisa cleanser dan mengembalikan pH kulit ke kondisi semula (5,5). Nah...untuk ini aku juga pakai toner dari amira bpom untuk kulit normal yang warna putih.


Moisturizing (melembabkan)

Pelembab untuk melembabkan wajah agar tidak kering dan tidak berminyak. Intinya untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit. Kulit berminyak pun perlu pelembab loh. Kalau ini aku gak pakai produk yang neko-neko hanya pakai cream siang dari amira yang sbf 30 pink. 


Protecting (perlindungan)

Protecting/perlindungan yang dimaksud di sini adalah sunscreen. Kenapa sih pake sunscreen itu penting banget? Yah biar kulit gak gampang terbakar matahari (sunburn), gak timbul flek, mencegah penuaan dini (sunscreen adalah anti-aging terbaik! Ciyus :v), dan mencegah timbulnya kanker kulit. Sunscreen juga harus di-reapply (dipakai ulang) setiap 2-3 jam sekali, terutama kalau habis panas-panasan. Di dalam ruangan pun kalian perlu pake suncreen lho. Sinar matahari kan masuk ke dalam rumah. Nah..untuk yang ini aku masih skip karena belum nemuin produk yang cocok kemarin sempet nyobain produk dari wardah tapi malah jadi bruntusan akhirnya aku hentikan. 

Setelah 4 langkah itu baru deh pake make up. Untuk produk apa aja bisa di sesuaikan dengan jenis kulit. Karena jenis kulit itu beda-beda dan kebutuhan kulit juga beda-beda.

Kalau untuk malam hari, cukup CTM aja yah, alias sampe step 3 aja tapi kalau malah hari setelah pakai toner aku tambahin pakai white glow serum dari amira bpom baru lanjut pakai cream malam yang super glowing aku apply tipis-tipis diwajah.

Semoga bermanfaat ya bebb.