Wednesday, May 24, 2017

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Membuat Eyeliner

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Membuat Eyeliner - Riasan mata merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam ritual make up terutama bagian eyeliner. Eyeliner sendiri fungsinya agar mata terlihat lebih tajam. Namun ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat menggunakan eyeliner. Kesalahn-kesalahn kecil menimbulkan dampak yang sangat besar dalam riasan mata tentu hal itu juga akan mempengaruhi hasil dari make up itu sendiri.




Berikut Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Membuat Eyeliner :

Menarik Ujung Mata

Ini adalah kesalahan paling sering yang dilakukan wanita. Saya pun dulu melakukan hal ini saat pertama kali pakai eyeliner. Teori menarik ujung mata agar lebih mudah melukis eyeliner adalah salah besar. Bentuk mata bisa berubah mengikuti tarikan sehingga garis eyeliner menjadi kurang indah. Selain itu, tarikan ini juga dapat membuat kulit Anda kendur karena tipisnya kulit di sekitar mata. Anda bisa mengakalinya dengan meletakkan cermin dengan posisi sejajar dada. Wajah tetap lurus ke depan dan arahkan mata ke cermin sehingga kelopak Anda terlihat. Dengan begini, Anda bisa melukis eyeliner tanpa harus menarik ujung mata.

Meninggalkan Celah

Banyak wanita yang lupa mengisi celah di antara bulu mata dan garis eyeliner yang dibuat. Hasilnya? Eyeliner akan terlihat bolong, ‘mengambang’ dan tidak berbaur dengan sempurna. Jika kesulitan mengisi celahnya dengan eyeliner, coba gunakan eyeshadow untuk area bolong di dekat bulu mata. Cara lainnya, isi celah tersebut dari bawah bulu mata dengan eyeliner. Perhatikan bedanya, bulu mata seolah terlihat lebih tebal bukan?

Salah Warna

Tak ada aturan untuk bermain warna dengan eyeliner. Namun ingat, jika Anda sedang lelah dan kelelahan tampak jelas di mata Anda, ada beberapa warna yang sebaiknya dihindari. Eyeliner yang mengandung unsur kemerahan, seperti plum atau cokelat, akan semakin membuat mata Anda terlihat kuyu. Sebaiknya, pilih warna biru yang akan memberi efek mencerahkan, atau hitam dan abu-abu untuk pilihan yang lebih netral.

Tahapan yang Tertukar

Tak hanya putri saja yang bisa tertukar, tahapan menggunakan eyeliner pun sering tertukar. Mana yang Anda lakukan lebih dulu, pakai eyeliner atau pakai maskara? Agar lebih optimal, sebaiknya gunakan dulu maskara, baru eyeliner. Jika yang dilakukan adalah kebalikannya, sapuan maskara dapat mengangkat garis eyeliner di dekat bulu mata dan meninggalkan celah.

Setia Dengan Satu Jenis Eyeliner

Setia itu sifat yang sangat bagus, namun untuk pilihan jenis eyeliner, Anda dibolehkan ‘berselingkuh’. Ada banyak eyeliner dengan formula yang berbeda dan dengan hasil yang juga berbeda. Pensil eyeliner adalah jenis yang paling sering digunakan karena kemudahannya. Gel liner biasanya lebih pekat dan hasilnya intens. Eyeliner cair bagus untuk menciptakan garis tipis dan berpresisi.

Jenis eyeliner juga dibedakan berdasarkan hasilnya. Jika ingin menciptakan smokey eyes, sebaiknya gunakan jenis pensil, terutama kohl, karena mudah dibaurkan. Jika ingin menciptakan cat eyes dengan ujung menukik, gunakan gel liner atau eyeliner cair. Hindari juga penggunaan eyeliner cair untuk garis bawah mata karena formulanya yang berisiko luntur.

Membiarkan Eyeliner Kering

Ketimbang jenis lainnya, pensil eyeliner termasuk jenis yang paling sering kering. Jika hal ini terjadi, jangan dipakai terus. Tekstur pensil yang keras dapat menarik kulit mata, melukainya, dan kerap meninggalkan bekas. Anda bisa mengakali pensil eyeliner yang mengering ini dengan cara memanaskannya sejenak menggunakan korek. Tes terlebih dahulu di punggung tangan untuk memastikan teksturnya telah berubah lembut.

Membentuk ‘Sayap’ di Ujung Mata

Membuat ujung eyeliner yang menukik juga hampir selalu jadi tantangan bagi sebagian besar wanita. Untuk mudahnya, Anda bisa menggunakan bantuan eye tape atau selotip biasa. Letakkan di ujung mata, sesuaikan tingkat kemiringannya mengikuti garis mata bawah Anda. Jika sudah selesai, lepas eye tape perlahan.

Ketika membentuk garis di kelopak mata, pastikan mata Anda terpejam. Namun, jika sedang membentuk ujung garis yang menukik ke atas, sebaiknya mata Anda dalam keadaan terbuka. Hal ini dilakukan agar garisnya tak bersinggungan dengan kelopak mata, sehingga bentuk cat eyes Anda lebih sempurna.

Setelah tahu beberapa kesalahan saat memakai eyeliner, semoga Anda semakin jago melukis garis mata. Nah, saatnya Anda praktik langsung! Klik di sini untuk belanja produk eyeliner yang sesuai dengan keinginan Anda.