Monday, December 18, 2017

Wisata Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

Libur tlah tiba..libur tlah tiba hore..hore hatiku gembira. Musim liburan panjang sudah tiba sudah pasti kalian pasti akan ngelis tempat-tempat liburan yang ngehits dan ramah di kantong. Jogja merupakan destinasi liburan dambaan setiap insan. Banyaknya tempat wisata, budaya, dan kuliner di Kota Pelajar, selalu bisa membuat para pengunjung merasa kangen dan ingin cepat-cepat kembali ke sana.Wisata Jogja tak hanya Pantai Parangtritis dan Malioboro saja. Jika kamu berlibur ke sana, wajib sekali hukumnya untuk mendatangi tempat wisata Jogja antimainstream ini.



Saat ini banyak pantai-pantai yang dikembangkan potensinya oleh perintah daerah Kabupaten Gunung Kidul. Beberapa tahun belakangan masyarakat umunya hanya mengenal beberapa buah pantai saja seperti Pantai Baron, Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Berkat populernya media sosial membuat pantai yang sebelumnya tidak dikenal banyak orang menjadi popular karena banyak wisatawan yang menjadi foto-foto mereka sebagai promosi gratis sehingga banyak orang yang penasaran dan memutuskan untuk berwisata di pantai-pantasi seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Jogan, Pantai Ngobaran,dan pantai lainnya. 

Berikut aku rangkum pantai-pantai baru tersebut sebagai tambahan informasi saat liburan ke jogja :


Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal diklaim sebagian orang sebagai salah satu pantai tercantik di Gunung Kidul. Pasir pantainya yang putih dan karang-karang yang berada bibir pantai membuat pantai ini sangat menarik dan berlahan menjadi destinasi popular bagi para wisatawan. Selain itu, pantai ini lokasinya berdekatan dengan pantai lainnya yaitu Pantai Indrayanti walaupun pantai ini baru popular beberapa tahun ini karena aksesnya yang lumayan sulit. Setelah pemda telah membuka akses jalan dan memperbaiki jalanan pantai ini menjadi sangat terkenal sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi pantai ini.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang pada awalnya bukanlah pantai yang menjadi pantai tujuan bagi para wisatawan. Mereka pada umumnya lebih memilih berwisata di pantai Baron atau Kukup atau sekalian menuju Pantai Indrayanti. Dulu, pantai ini relatif sepi dan hanya beberapa orang saja yang datang ke pantai ini. Sama seperti Pok Tunggal, setelah jalan diperbaiki dan berbagai fasilitas dibangun maka lambat laun pantai ini menjadi popular dan banyak wistawan yang berwisata ke pantai ini.

Pantai Ngrenehan dan Ngobaran

Terdapat beberapa pantai indah yang terletak di Saptosari, Gunung Kidul. Pantai-pantai ini sering dilupakan dan tidak diketahui oleh banyak orang antara lain Pantai Ngrenehan dan Ngobaran. Padahal pantai-pantai ini sangat indah dan tidak kalau dengan pantai-pantai lainnya. Pantai Ngrenehan bisa dikatakan sempurna, disini para wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam.

Tidak jauh dari pantai Ngrenehan, terdapat sebuah pantai yang unik dan indah yaitu Pantai Ngobaran. Pantai ini unik karena suasananya seperti berada di Bali. Terdapat sebuah pura yang digunakan umat Hindu beribadah. Selain itu di sebuah bukit di sisi barat pantai terdapat tempat seperti tempat ibadah yang digunakan oleh penganut kejawen untuk merenung dan bermalam di atas bukit tersebut. Dengan keunikannya ini banyak wisatawan yang mulai berdatangan untuk menikmati deburan ombak samudra yang luar biasa.

Demikian pantai-pantai baru di Gunung Kidul yang bisa menjadi referensi bagi para wisatawan yang ingin merasakan suasa baru saat berlibur di Jogja. Masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang akan kami bahas di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat