Monday, September 25, 2017

Kuliner Murah Lotek "TETEG" Lempuyangan, Yogyakarta

Kuliner Murah Lotek "TETEG" Lempuyangan, Yogyakarta  -Setelah seharian jalan-jalan, belanja tentu perut juga butuh diisi ya gaes. Yups..kali ini aku akan berbagi ceritaku saat Kuliner Murah Lotek "TETEG" Lempuyangan, Yogyakarta . Disamping wisata alam, wisata budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan wisata kulinernya. Tidak salah karena memang di jogja terdapat beraneka ragam jenis makanan yangada di jogja. Mau yang manis? atau mau yang guruh dan asin? semuanya ada di jogja. Bahkan untuk makanan yang super pedas pun ada. Padahal ciri khas makanan jogja adalah manis. Itulah kenapa jogja terkenal dengan wisata kulinernya.


Di sekitar stasiun lempuyangan terdapat Makanan Lotek dan Gado-gado yang sangat terkenal akan kenikmatannya dan jumlah porsi yang banyak. Namanya adalah warung lotek teteg. Gado-gado adalah salah satu makanan khas betawi yang berisi sayur-sayuran yang di rebus dan dicampurkan dengan bumbu kacang, pada umumnya juga ditambahkan dengan telur dan kentang. Sedangkan lotek adalah makanan khas jawa barat yang berupa sayur-sayuran yang di rebus kemudian di tiriskan kemudian dicampuri dengan bumbu kacang. Sepintas mirip dengan gado-gado hanya saja lotek ini tidak ada telur dan kentangnya tapi ada irisan bakwan sayur ( kalau orang jawa timur ote-ote )

Warung gado-gado dan lotek tetek buka dari pagi hingga sore hari. Teteg berarti palang sepur yang membantu penyelamatan para pengendara dari laju kereta api. Di Teteg Jembatan Lempuyangan, dari pagi sampai sore hari, banyak orang yang menikmati panorama wisata kereta api sembari jajan makanan di sekitar itu. Warga tampak suka dengan hiburan gratis ini yang biasanya para orang tua mengajak anak kecil mereka memenuhi penasaran terhadap sepur.


Duduk di lesehan dan bersantai di warung lotek teteg ini sambil menikmati makanan memang terasa sangat menyenangkan. beraneka ragam sayuran segar seperti bayam, kacang panjang, ketimun dan daun seledri dan ditambah dengan bumbu kacang yang disiramkan di atasnya menjadikan rasa Lotek Teteg ini begitu nikmat dan lezat. Paduan rasa manis, gurih dan pedas saat berpadu di mulut membuat lotek tetek ini menjadi salah satu pilihan kuliner yang pas.

Di spot inilah tepatnya di depan SPBU Lempuyangan terdapat lotek lezat nan bergizi yang berporsi jumbo. Harganya ramah dengan dompet Santap Mania. Biasanya, warung lotek dan gado gado Teteg ini ramai saat waktu makan siang dengan para karyawan mengerumuni si penjualnya. Lotek saat ini sudah menjadi makanan favorit pengganti nasi karena sifatnya yang mengandung banyak serat dan mengenyangkan. Warga sekarang mulai sadar jika mengonsumsi makanan berserat akan menguntungkan tubuh.

Meskipun porsinya besar, makan lotek di sini tidak akan sadar mendadak sudah menghabiskannya. Ketupatnya bertekstur lembut dengan sayur mayurnya segar dan kriuk. Sambal kacangnya tidak eneg dan membuat lidah bergoyang goyang menikmati lotek atau gado gado Anda. Selain cita rasa loteknya yang sangat nikmat dengan porsi jumbo namun harga murah ada yang unik dari lotek teteg lempuyangan ini yaitu cobeknya yang ukurannya sangat besar. Jika mengintip ke dapur kedai Bu Nur, kamu bakalan terkejut dengan ukuran cobek yang digunakan membuat bumbu lotek. Ya, mereka menggunakan cobek yang memiliki diameter 80 cm yang bisa menyajikan 80 porsi. Ide ini sebenarnya berasal dari Pak Untung, pendiri sekaligus bapak dari Bu Nur. Manfaatnya tidak lain untuk lebih praktis, apalagi saat ramai pembeli.