Sunday, August 20, 2017

Tips Mengatasi Kesenjangan Pendapatan Dalam Rumah Tangga

Tags

Tips Mengatasi Kesenjangan Pendapatan Dalam Rumah Tangga - Banyak kasus sekarang ini masalah ekonomi yang bikin rumah tangga tidak harmonis bahkan bisa cerai. Kesenjangan pendapatan antara suami dan istri terkadang dapat memicu timbulnya konflik dalam sebuah hubungan rumah tangga. Apalagi, kalau pendapatan istri jauh lebih besar daripada yang diperoleh suami. Untuk itu, supaya rumah tangga tetap adem ayem dan suami tak memiliki rasa minder terhadap istri, coba deh untuk selalu mendukungnya dengan cara-cara berikut ini.

Saling Menghormati

Meski pendapatan Anda melampaui gaji yang diperoleh suami, ingatlah untuk senantiasa menghormatinya. Bagaimana pun keadaannya, suami tetap memegang kedudukan tertinggi dalam sebuah rumah tangga. Tunjukkan sikap seorang istri yang menghargai kerja keras suami, begitu pula sebaliknya. Selain itu, agar suami senantiasa merasa dihargai dan dibutuhkan, istri juga harus bisa menjaga sikap. Dengan demikian, kesenjangan pendapatan tidak akan memengaruhi kedudukan suami sebagai kepala keluarga.

Berbagi Peran

Seorang istri harus pandai berbagi peran. Walau gaji yang diterima istri lebih besar, tak ada salahnya membiarkan suami untuk mengambil perannya sebagai kepala keluarga. Salah satu contoh, memberi uang belanja dan membayar biaya pendidikan anak. Semua harus ditempatkan sesuai dengan perannya masing-masing.

Buat Keputusan Bersama

Senantiasa diskusikan masalah keuangan bersama suami, meski Anda memiliki pendapatan yang jauh lebih besar. Selain dapat mengurangi rasa stres, hal ini juga membuat sang suami merasa lebih dianggap dan dihargai, lho. Seorang istri juga harus selalu membantu suaminya agar ia tetap percaya diri dan tidak minder. Salah satu caranya adalah dengan tidak membanding-bandingkan pendapatan yang diterima, terlebih di depan orang lain. Satu hal yang perlu diingat, berapa pun tingginya jabatan seorang wanita di kantor, pada saat di rumah, ia tetaplah seorang istri yang wajib menghormati suaminya.

Buatlah Rekening Operasional

Dalam rangka meminimalisir konflik yang timbul akibat kesenjangan pendapatan antara suami dan istri, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rekening khusus operasional rumah tangga. Anda dan suami perlu terbuka atas penghasilan yang didapat. Keduanya juga harus sepakat menggunakan rekening bersama untuk menampung seluruh penghasilan mereka. Selanjutnya, sisihkan sebagian untuk digunakan sebagai keperluan pribadi masing-masing.

Senantiasa Bersyukur

Agar kehidupan terasa lebih baik dan senantiasa diberkahi, ada baiknya kedua pasangan harus pandai bersyukur. Selain itu, bantulah suami agar tidak merasa rendah diri bila sedang berada di lingkungan keluarga. Anda bisa melakukan ini dengan cara memujinya. Tak hanya terdengar menyenangkan, pujian dari sosok yang disayang ternyata bisa membangkitkan rasa semangat seseorang, lho.