Wednesday, October 12, 2016

Tips Membeli Barang Dengan Kartu Kredit

Tags



Tips Membeli Barang Dengan Kartu Kredit  - Kali ini aku kan bahas setan kredit nya warkop he he bercanda dech yang bener adalah aku akan bahas Tips Membeli Barang Dengan Kartu Kredit  agar tidak bikin sakit kepala. Sekarang ini banyak banget barang-barang yang dijual beli kan secara kredit ( Elektronik,gadget, TV, rumah bahkan panci emakpun juga ikut dikreditkan ). Penggunaan kartu kredit ini harus berhati-hati gunakan seperlunya bukan buat gaya-gayaan saja.




Kredit adalah sebuah inovasi kemudahan pembelian barang, terutama barang-barang mahal seperti gadget mahal, kendaraan bermotor, dan lainnya.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan melakukan kredit barang :

Stabilitas Keuangan

Jangan berpikir bahwa Anda seorang karyawan / pegawai dengan penghasilan tetap tiap bulan, ingat mungkin Anda punya penghasilan tetap akan tetapi Anda perlu punya perencanaan alokasi dana yang lebih dipikirkan lagi, karena Anda tak pernah tahu apa yang terjadi esok hari .
Seperti :Alokasi dana untuk pengeluaran rutin : makan, minum, listrik, air, bensin, pulsa dan lainnya. Tentu persentase alokasi ini paling besar, bisa mencapai 80%

Alokasi dana untuk insidental, misal jika tiba-tiba sakit, ada hal-hal yang sifatnya mendadak dan butuh dana cepat.

Alokasi dana untuk Lifestyle, jika masih ada sisa, bisa digunakan untuk gaya hidup, misal beli gadget baru dan lainnya.

Resiko di Tengah Jalan

Manajemen risiko penting dengan memperhatikan hal-hal pada poin pertama. Jadi harus dipikirkan matang-matang saat ingin membeli barang secara kredit.

Ketahuilah Tentang Kartu Kredit Itu Sendiri

Ingat, bagaimanapun kartu kredit itu adalah produk layanan Bank yang jelas ada bunganya, jika Anda membeli barang dengan skema kartu kredit, maka Anda sebenarnya dipinjami uang oleh Bank senilai dengan harga tunai barang itu, namun cicilan tiap bulannya Anda akan dikenakan bunga.

Walaupun kelihatan kecil bunganya, namun banyak perjanjian lain yang tentu saja Anda belum tentu membacanya secara tuntas, karena banyaknya poin-poin dan ditulis kecil-kecil. Maka jangan salah ketika tiba-tiba tagihan membengkak 2 kali bahkan 3 kali lipat padahal cuma gara-gara menunggak cicilan beberapa bulan

Utamakan Fungsi Bukan Gengsi

Banyak yang membeli gadget karena gengsi, lihat tetangga, teman dan lainnya pakai gadget bermerk terkenal, kita ngiler untuk membeli baru, padahal gedget kita masih berfungsi normal.

Jika memang Anda membutuhkan gadget baru karena gadget lama sudah tidak berfungsi dengan semestinya, sebaiknya ukur kemampuan finansial Anda, utamakan fungsi bukan gengsi. Apalagi sekarang sudah banyak merek gadget murah berkualitas baik.

Sabar

Salah satu cara untuk mengelola keuangan pribadi adalah sabar, sabar menahan untuk tidak membeli barang yang tidak terlalu penting.

Semoga tips ini bermanfaat ya dear dan jangan smapai hanya karena gengsi kita lupa bahwa kredit itu sebenernya hutang yang harus dibayar dengan bunga tertentu. Gunakan kartu kredit dengan bijak agar tidak bikin sakit kepala dikemudian hari.